Nostalgia Negeri Lontar dari Pengajar Muda VI

 

“Bersamamu kuhabiskan waktu, senang bisa mengenal dirimu.

            Rasanya semua, begitu sempurna, sayang untuk mengakhirinya,

            Janganlah berganti.”

 

Lagu Sahabat Kecil dari Ipang tersebut tampaknya mewakili perasaan saya dan teman-teman, alumni Pengajar Muda angkatan VI Kab. Rote Ndao, yang bertugas dalam kurun waktu 2013 – 2014 lalu. Kehidupan satu tahun itu kami laksanakan dengan ketulusan, yang membuat kami bahkan tidak rela untuk mengakhiri masa tugas. Harapannya kenangan itu tidak mati, namun ia selalu terpatri di dalam hati.

 

Nusa Lote Nusa Malole. Pulau Rote pulau yang baik. Ya, pertama kali menginjakkan kaki di tanah nusa lontar itu kami disambut dengan penuh kejutan oleh Pengajar Muda angkatan IV yang sebelumnya telah bertugas disana. Dihadiahi sirih pinang, satu persatu kami harus memakan dan mengunyahnya hingga lidah berwarna orange kemerahan. Belum cukup dengan kakak-kakak alumni itu, di desa kami juga disambut dengan baik. Jadi, benar adanya jika Rote adalah pulau yang baik bukan?

 

Kami percaya bahwa tidak ada pekerjaan yang sia-sia, termasuk kolaborasi antara Pengajar Muda lintas generasi, sekolah, orangtua, siswa, masyarakat, dan pemerintah. Dalam setiap kesempatan, kami bekerja sama dengan banyak orang yang mendukung terciptanya kerumunan positif di Rote. Kami bersyukur atas kolaborasi apik dengan berbagai stakeholder utuk menyelesaikan kegiatan selama satu tahun.

 

Kolaborasi pertama kami laksanakan bersama pegiat Komunitas Anak Muda Untuk Rote Ndao (KAMU Rote Ndao). Mengambil momen peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2014, ikhtiar untuk mencerdaskan dan memotivasi remaja Rote Ndao terwujud melalui Kemah Pemuda Rote I. Kak Sherwin, Kak Maks, Kak Adi, Kak Petson, dan kakak-kakak lainnya tampil all out mengajak remaja di daerahnya untuk berpartisipasi. Berita baiknya, Kemah Pemuda Rote I tersebut berlanjut pada sesi yang lebih berwarna pada tahun berikutnya.

 

Pemuda dan remaja yang terlibat dalam Kemah Pemuda Rote (KPR)  merasakan banyak manfaat untuk diri mereka. Alih-alih kebermanfaatan untuk diri, mereka justru mendapatkan tujuan hidup yang dapat berguna dalam memajukan Rote Ndao. Mengapa? Menurut Sherly, ketua angkatan KPR I, ia bertemu dengan remaja SMA yang juga memiliki visi dan misi yang sama dalam mengembangkan potensi diri, ia juga lebih mengetahui apa yang akan ia lakukan di masa depan. Tidak hanya itu, remaja yang kini menjadi mahasiswi Universitas Cendana tersebut banyak membangun relasi dengan pemuda se-Indonesia saat ia mengikuti Indonesia Youth Partnership di Bogor.

 

Di bidang pengembangan profesi pendidik, Pengajar Muda angkatan VI juga pernah melaksanakan kegiatan Kelompok Kinerja Guru (KKG) dan Pelatihan Guru Sekolah Minggu (PGSM). KKG dilaksanakan di semua sekolah penempatan PM se-kabupaten Rote Ndao. Pelatihan ini mengajak para guru untuk aktif menggunakan media pembelajaran yang telah ada di sekolah maupun menciptakan media pembelajaran kreatif. Selain itu, untuk kegiatan sekolah non formal yaitu Sekolah Minggu, Pengajar Muda bekerjasama dengan Toko Buku Ebenhazer di Ba’a mengadakan PGSM. Pelatihan ini diikuti oleh tenaga pengajar Sekolah Minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang aktif dan menyenangkan bagi siswa.

 

Tidak hanya menyasar kegiatan di bidang kepemudaan dan pendidikan, Pengajar Muda angkatan VI juga sempat mengadakan pelatihan memasak di Rote Barat. Sekitar 50-an ibu-ibu dan juga bapak-bapak ikut serta dalam pembuatan beragam masakan nusantara. Dikarenakan daerah tersebut jarang mendapat aliran listrik, Pengajar Muda pun berinisiatif untuk memberikan pelatihan memasak yang bahan bakunya adalah ikan dan rumput laut. Ikan tersebut diolah menjadi abon, pempek, dan kerupuk, sedangkan rumput laut dibuat menjadi agar-agar. Selain pelatihan untuk orangtua, kami juga mengajak anak-anak dan remaja belajar sambil bermain.

 

Yang membuat kami kagum pada Rote Ndao adalah semangat anak-anaknya untuk berprestasi. Dari awal kami sudah diharuskan untuk tidak berekspektasi tinggi terhadap tanah yang akan kami hidupi selama satu tahun. Namun setelah kami berada disana, justru ekspektasi kami melesat tinggi. Mengapa? Karena salah satu siswa dari Pengajar Muda, Icce Nopianti, berhasil menjadi peserta Konferensi Penulis Cilik Indonesia di Jakarta. Anak perempuan itu adalah Nofi Ndun, siswa SDN Daepapan, Rote Selatan, yang menjadi satu-saunya perwakilan Nusa Tenggara Timur di nasional.

 

Selain siswa SD di tempat Pengajar Muda mengajar, siswa SMA di Rote Ndao juga difasilitasi oleh Pengajar Muda untuk mengikuti seleksi beasiswa kuliah gratis di Universitas Pelita Harapan. Dengan bantuan koneksi dari Pengajar Muda angkatan IV, Kak Kristia, kami pun mencoba membuka motivasi dan harapan remaja SMA tingkat akhir di setiap kecamatan untuk melanjutkan kuliah. Setelah melewati beragam seleksi, belasan siswa SMA se-Rote Ndao meraih impian mereka untuk kuliah di universitas swasta bergengsi tersebut. Keberlanjutan ini pun masih dirasakan setelah dua tahun berlalu. Setiap tahunnya selalu ada siswa Rote Ndao yang menikmati pendidikan gratis itu hingga saat ini.

IMG_0013

Keberlanjutan seperti ini bukan kami rasakan serta merta tanpa ada andil kakak-kakak kami sebelumnya. Justru apa yang terlaksana pada tahun kami merupakan jerih payah Pengajar Muda angkatan II dan IV sebelumnya. Tentu di sisi lain ada kolaborasi baik dari berbagai stakeholder yang mendukung terciptanya kerjasama yang positif dan berdampak. Di akhir penempatan Pengajar Muda angkatan X ini, kami yakin Rote Ndao akan melesat jauh, terbang tinggi dengan kualitas generasi terbaiknya. Kelak kami akan kembali, bernostalgia dengan pelaku pendidikan terbaik Rote Ndao.

 

2 thoughts on “Nostalgia Negeri Lontar dari Pengajar Muda VI

  1. luar biasa bun sungguh memotivasi,menambah wawasan dan tentunya smkin ingin untuk mejjadi pengajar muda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s