Tidak Ada Mimpi yang Kadaluarsa

“Ketika mimpimu yang begitu indah tak pernah kau dapat, ya sudahlah..”

Lirik lagu Ya Sudahlah-nya Bondan F2B ini sempat tergiang-ngiang di telinga saya beberapa terakhir ini. Sedikit banyak memang mempengaruhi cara pandang saya terhadap sebuah mimpi. Yang membuat saya memutuskan sesuatu di dalam hidup saya.

“Restu orang tua adalah kepanjangan tangan dari restu Allah Swt.”

Kalau kalimat itu benar adanya. Saya yakin jika Alla Swt merestui saya, maka orangtua akan melapangkan hatinya bagi saya mewujudkan cita-cita yang belum terwujud. Namun apa jadinya kalau saat ini orangtua tidak sebegitu  memperbolehkan saya saat masih jadi mahasiswa dulu? Apa jadinya kalau cita-cita kita tercapai tapi Allah Swt tidak merestui? Kalau orangtua tidak mengizinkan? Dulu ketika jadi mahasiswa, orangtua selalu mengizinkan anak perempuannya ini melakukan hal-hal positif yang berhubungan dengan impian. Kini, mereka mencoba untuk membukakan mata hati saya untuk memikirkan ‘masa depan’. Well, I know that so well. Di sisi lain, ketika saya sudah istiqomah, ada beberapa prinsip yang mungkin tidak bisa saya lakukan ketika lolos. Ah entah memang saya yang sudah tidak menggebu-gebu, ditambah pula prinsip dalam diri dan restu orangtua, jadi saya agak ragu untuk melanjutkan. Atau mungkin Allah Swt tidak merestui saya melalui jalan itu?

“Tidak ada mimpi yang kadaluarsa.”

Suatu hari, entah kapan, dimana, pada kondisi yang bagaimana, saya yakin Allah Swt akan mengabulkannya. Entah bagaimana caraya, saya yakin Allah Swt tidak tidur. Ia mencatat dan mendengar harapan saya yang entah kapan terwujud. Mungkin tidak sekarang, mungkin tidak lewat jalur itu. Mungkin nanti. Dan saya percaya, impian itu tidak ada yang kadaluarsa. Semoga. :’)

Leave a Reply

