Pelita Rote di Tengah Kegelapan                  

               sw Kiranya saya tak terlalu muluk membuat judul di atas sebagai gambaran bahwa Sherwin Meynard Robinson Ufi adalah sang pelita yang memancarkan cahayanya saat gelap menerpa. Penerima beasiswa Australia Award Scholarship ini adalah sosok yang menginspirasi bagi pemuda di Rote.

Sebuah ide lahir dari pemikirannya. Pada tanggal 2 Juli 2011, sebuah komunitas bernama Komunitas Anak Muda untuk Rote Ndao lahir dari keresahannya dan teman-temannya. Bertepatan dengan pembentukan komunitas itu pula, ia dan teman-temannya menggalang Gerakan 1000 Buku. Ia dan teman-temannya bermimpi akan hadir satu taman baca di setiap kampung yang ada di Rote Ndao.

Lahir dan besar di pulau terselatan di Indonesia membuatnya memiliki rasa memiliki cukup tinggi. Dari rasa itu tumbuhlah keinginan untuk berbagi kepada anak-anak yang haus ilmu pengetahuan. Lewat Gerakan 1000 Buku, impian tersebut tercapai. Kini telah hadir 9 taman baca di 4 kecamatan di Pulau Rote. Menyusul akan dibentuknya taman baca di kecamatan lain yang dikelola oleh masyarakat daerah setempat.

Alumni pelatihan Forum Indonesia Muda ini adalah seorang PNS yang bekerja di Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao. Di sela-sela aktivitas seorang pegawai dan suami dari istrinya, Kak Sherwin menjadi sosok yang patut diteladani. Kesibukan bukan menjadi penghalang baginya untuk berbagi. Baginya, melakukan sesuatu yang berdampak positif bagi lingkungan adalah keharusan bagi pemuda.

Kak Sherwin adalah contoh pemuda masa kini yang tak hanya banyak bicara. Ia justru melihat potensi dan perubahan positif yang harus dikerjakan di daerahnya, tanpa harus menunggu orang lain bergerak. Justru secara tidak langsung ia telah menggerakkan orang lain untuk berkontribusi bagi Rote. Sifatnya yang mau belajar dan rendah hati membuat ia selalu ingin mengembangkan diri, baik untuknya sendiri maupun untuk komunitasnya. Tidak heran kalau dedikasinya ini membuat penghargaan Pelita Nusantara 2014 kategori pendidikan yang mewakili Nusa Tenggara Timur tersemat dalam daftar prestasinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s