Yang Terbaru dari Sahabat Ilmu Jambi

They're my energy, my Sahabat Ilmu Jambi's volunteers :)

They’re my energy, my Sahabat Ilmu Jambi’s volunteers🙂

Pembaharuan itu perlu, apalagi untuk regenerasi organisasi. Tujuannya? Agar ruang lingkup organisasi lebih fresh dengan ide-ide dan orang-orang yang baru. Begitu pula yang terjadi di Sahabat Ilmu Jambi Minggu kemarin, 31 Maret 2013. Proses regenerasi terjadi, demokrasi berjalan. ^__^

Perasaan baru kemarin, 5 Agustus 2011, saya, kak Meila, Ein, Novi, Taufik, Ana, kak Ruth, kak Eko, dan teman-teman lainnya kumpul di Unja Telanai. Menyepakati adanya komunitas Sahabat Ilmu Jambi, yang mencoba berbagi ilmu dan meningkatkan minat membaca serta menulis di kalangan anak-anak kurang ebruntung. Ide yang berawal dari perbincangan saya dan kak Meila tersebut disambut baik oleh teman-teman. Akhirnya muncullah komunitas ini, yang dulu hanya sempat saya berpikir kalo: “Mano ado lah anak mudo Jambi yang nak tergerak ikut komunitas kek gini.” Sungguh pikiran negatif yang ternyata berbalik arah kepada saya saat ini: “Banyak yang peduli kok dengan Jambi. Mereka itu, para relawan.” :’)

Beberapa bulan ke depannya, keajaiban perlahan-lahan terjadi. Beberapa teman ikut bergabung, menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi bagi pendidikan anak-anak kurang beruntung di Jambi, secara nyata. Beberapa bulan ke depan pula sejak hari itu, semakin banyak media yang memberitakan Sahabat Ilmu Jambi. Dalam kurun waktu berkembang itu pula terjadi kontemplasi pikiran apakah SIJ bakal exist atau nggak tanpa saya, tanpa lainnya. Bahkan semangat pernah naik turun. Menurut saya ini hal wajar terjadi di sebuah organisasi. Yang tidak wajar adalah hanya diam di tempat tanpa mau mencari solusi dari masalah yang ada.

Hingga kini, 2013, SIJ sudah memiliki perubahan baik dari struktur organisasi maupun ide-ide untuk mengembangkan divisi baru yang menurut saya kreatif. Ini tentu tidak terlepas dari mereka, para relawan, yang masih aktif berkontribusi di SIJ. Without the, SIJ is nothing. Sejak 5 Agustus 2011 hingga tahun ini, SIJ masih diamanahi oleh saya dan Ein. Bukan kami tidak ingin memberikan kesempatan kepada teman-teman untuk menggantikan posisi kami waktu itu, tapi kami masih ragu apakah teman-teman sudah bisa berjalan sendiri, meski nantinya juga akan kami temani. Namun pada akhirnya keragu-raguan itu hilang akhir tahun lalu, saya katakan pada Ein, tahun depan (2013, red) harus pergantian kepengurusan. Saya dan Ein pasti sudah punya urusan masing-masing, mengingat saya sudah kerja dan Ein diterima jadi PNS di Bulian. Di satu sisi, penyegaran organisasi akan lebi hefektif jika ada pengurus yang baru dengan ide-ide yang baru. Ein pun sepakat. Kami menentukan hari dimana kepengurusan terbaru terbentuk, dan juga membicarakan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga SIJ kedepannya.

31 Maret 2013 lalu, kepengurusan SIJ terbentuk. Melalui voting dan asas berlandaskan demokrasi, kepengurusan terbaru telah hadir di SIJ. Dengan Rieo Fadila sebagai ketua, Tri Fany Habibah sebagai wakil ketua, Tiara Ariyanti sebagai sekretaris, Rini sebagai bendahara, Uli dan Didink sebagai Penanggung Jawab (PJ) Humas, Rara sebagai PJ Divisi Pendampingan, Amel sebagai PJ Divisi Kreatif, dan Yani sebagai PJ Divisi Taman Baca. Semoga dengan kepengurusan yang baru ini, setiap relawan lebih menyadari bahwa ia sangat berarti bagi SIJ. Tanpa mereka, SIJ akan goyah, akan punah, nggak ada lagi di Jambi. Dengan mereka justru, SIJ akan lebih baik, lebih berkembang, lebih berarti, dan lebih semangat berbagi ilmu dan membuka cakrawala. Selamat menjalankan amanah teman-teman! Saya percaya teman-teman  pasti bisa! I love you all :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s