Sahabat Ilmu Jambi Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Desa Muaro Jambi dan Seberang

sij banjir

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

“Kebahagiaan sejati itu terletak pada kata: BERBAGI.”

itulah yang saya pribadi rasakan ketika mampu melihat wajah ceria orang-orang yang dikasihi tersenyum atau tertawa, berbagi kepada mereka. Itu pula yang relawan Sahabat Ilmu Jambi (SIJ) lakukan akhir-akhir ini. Berawal dari berita banjir yang menimpa sebagian wilayah provinsi Jambi, kami pun bergerak, mengumpulkan sumbangan dari para donatur. Mencoba berbagi apa yang bisa kami beri.

Program sosial dalam membantu korban banjir ini dilaksanakan pada 26 Februari 2013. Sebelumnya kami telah mengumpulkan sumbangan dari para donatur berupa dana, pakaian, dan sembako. Dana yang terkumpul berkisar Rp. 12.219.700,-. Ini belum termasuk donasi berikutnya yang diberikan melalui SIJ setelah kami memberikan bantuan ke beberapa desa. Uang tersebut kami belanjakan barang-barang kebutuhan masyarakat yang terkena banjir. Sembako berupa beras, mie, minyak sayur, susu kaleng, air mineral, makanan ringan, dan lainnya ini kami salurkan ke empat desa, yakni Desa Rukam, Desa Sakean, Desa Muaro Jambi, dan Seberang Kota Jambi. Selain sembako, pakaian bekas dan masih layak pakai juga diberikan kepada korban banjir.

Saya, Uli, Tiara M, Via, Rikky, Rhomy, dan kru Majalah Online anak muda Jambi, PIPET MAGZ, (SIJ bekerja sama dengan majalah online ini dalam mencari dan menyalurkan bantuan) merupakan tim kedua yang bergerak menuju Desa Muaro Jambi dan Seberang Kota Jambi. Pada hari Selasa siang, kami berkumpul di sekre SIJ, mengecek beberapa barang yang akan dibawa, sembari memastikan tidak ada satupun barang yang tertinggal. Menjelang sore mobil yang kami sewa bergerak menuju Desa Muaro Jambi sebagai destinasi pertama. Sedangkan teman-teman lain mengikuti dari belakang menggunakan motor.

Tiba di lokasi pertama, Desa Muaro Jambi, kami disambut oleh pemuda desa tersebut, Bang Ahok. Selanjutnya bantuan pun diserahkan melalui posko banjir yang terletak di halaman parkir menuju Candi Muaro Jambi. Disana telah berkumpul ibu-ibu dan anak-anak korban banjir yang kebanyakan berasal dari RT 8 dan 9. Sebagian warga ada yang masih menginap di tenda, ada pula yang telah pulang. Namun sebagian pula memilih untuk tidur di tenda, karena tidak berani pulang ke rumah meski air pada saat itu sudah agak surut. Bantuan itu pun diserahkan secara simbolis kepada salah satu ibu-ibu disana.

Di sela-sela obrolan bersama anak-anak disana, Uli, salah satu relawan SIJ, bertanya kepada anak-anak tentang sudah berapa lama mereka libur. Pada pertanyaan selanjutnya, Uli menanyakan ini: “Enak libur ato sekolah?”, sontak anak-anak menjawab: “Sekolah.” Tetapi ketika Uli menanyakan hal itu kedua kali, anak-anak dengan semangat menjawab: “Libur.” Hingga ketiga kali pertanyaan itu dilontarkan, hanya raut ceria yang terpatri di wajah mereka. Diselingi canda tawa dan obrolan dialek Desa Muaro Jambi, relawan SIJ, kru PIPET MAGZ, anak-anak, dan ibu-ibu pun saling berinteraksi.

Setelah 1 jam menghabiskan waktu di Desa Muaro Jambi, kami pun bertolak ke Seberang Kota Jambi. Di daerah ini, kami menghubungi Bang Hadyan. Beliau mengantarkan kami menuju posko bantuan banjir, namun sayangnya posko tersebut tutup. Mengingat hari menjelang maghrib, kami diberi ide untuk menyalurkan bantuan kepada kepala lurah setempat. Akhirnya kami diarahkan menuju rumah lurah tersebut. Dan di kantor lurahnya, kami menyerahkan bantuan secara simbolis kepada lurah tersebut (sayangnya saya lupa namanya). Meski tidak menyerahkan kepada warga langsung, harapannya bantuan tersebut bisa diberikan tepat sasaran.

Kemudian, menjelang maghrib kami sejenak mengistirahatkan jiwa dan raga di sebuah mesjid yang di depannya ada makam Pangeran Wirokusumo. Setelah selesai sholat, kami pulang ke rumah masing-masing malam itu. Sementara di sisi lain, tim Desa Rukam dan Desa Sakean masih di dalam perjalanan menuju Desa Sakean. Meski tiba di rumah badan kami lelah, namun apa yang dilakukan hari itu telah menghapuskan keletihan yang kami rasakan.

SIJ mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang berada di Kota Jambi maupun luar Provinsi Jambi, yang telah menyisihkan sebagian rezekinya bagi para korban banjir. Pun untuk kerja keras dan semangat relawan SIJ yang nggak henti menebar kebaikan, saya acungi jempol untuk teman-teman :’) Semoga apa yang kita lakukan ini bermanfaat bagi  mereka, amiiinnnn… :’)

2 thoughts on “Sahabat Ilmu Jambi Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Desa Muaro Jambi dan Seberang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s