50 Relawan, 3 Hari, dan 1 Kata: AMAZING!

“Be Creative, Be Productive!”

Tagline itu saya dapatkan ketika berinteraksi dengan panitia Global Youth Forum (GYF) pada 4-6 Desember 2012 lalu di Bali Nusa Dua Convention Centre. Bahkan sebelum acara berlangsung (yakni sejak 2 Desember) kalimat itu sudah santer terdengar di telinga. Entah itu sebagai guyonan, bahkan penyemangat kami untuk bersama-sama mensukseskan acara GYF yang dihadiri oleh 600 delegasi dari seluruh negara-negara di dunia. Justru kalimat itu menjadi pemersatu kami dari Aceh hingga Papua, yang merupakan relawan dari kegiatan ini. Kalimat ini sakti, bahkan hingga setelah kami pulang ke daerah masing-masing. Hmm, apa gaungnya masih dirasakan hingga sekarang? We can consider it :’)

Ada 50 relawan di acara ini. Ayo kita tunjuk tangan satu-satu!😀 Yup, 50 relawan ini ada yang sudah pernah ketemu sebelumnya, ada juga yang belum (seperti saya). Dalam beberapa hari, kami harus melebur menjadi satu, membuat acara ini berarti karena kami direkrut khusus untuk mensukseskan acara ^_^ Latar belakang pendidikan, minat, studi, pekerjaan, dan pemikiran kami berbeda-beda. Saya nggak mungkin nyebutin satu dua orang disini karena bisa menyebabkan kecemburuan sosial (tsaahhhh), hehe.. Intinya sih, dengan 49 relawan baru yang saya temui di forum ini, saya jadi punya banyak teman yang beragam sifat dan minatnya. Belajar banyak karakter orang dari berbagai daerah. Merasakan bahwa “Bhinneka Tunggal Ika” itu hidup diantara kami, relawan GYF. Glad to be part of them, glad to know their uniqueness!

Anyway, sebenarnya acara hanya berlangsung selama 3 hari, yakni dari 4-6 Desember, namun kami sudah dipertemukan sejak 2 Desember untuk gladi resik. Plus acara jalan-jalan setelah acara juga mempersatukan kami. Total hari dimana kami bersama-sama yakni 8, tapi karena saya lebih dahulu pulang ke Jakarta pada 8 Desember, jadi saya bersama mereka selama 7 hari. Dalam 7 hari itu kami mengorganisir acara dengan beragam kegiatan. Ada yang menjadi bagian dari virtual communicator, runner, medical, dan media.

Saya sendiri kebagian virtual communicator di hari pertama bersama 4 orang lainnya, Ami, Wina, Jessica Winda, dan Ghofar. Kami mengirimkan rekomendasi dari virtual delegate melalui akun media sosial Twitter, kemudian menyaringnya dan memberikannya kepada Gustava, jurnalis GYF yang didatangkan khusus dari California. Tema yang diangkat waktu itu Comprehensive Education. Setelah menyelesaikan pekerjaan, perasaan lega banget hehe. Karena saya bisa terlepas dari ruangan yang suhunya minta ampun dinginnya😀 Nah, karena masih ada hari-hari berikutnya dan tugas saya sebagai virtual communicator selesai, saya membantu teman-teman menjadi runner. Disini saya melihat profesi runner enak sekali, bisa berinteraksi dengan pemuda se-dunia, karena tugasnya memandu mereka untuk masuk ke ruangan ini dan itu. Jadi ketika double job ini berlangsung, I feel more excited than before. Sekalian mengasah kemampuan berbahasa Inggris😀

Dalam forum ini, saya mendapatkan kesempatan baru yang tidak ditemukan sebelumnya. Selain bisa berinteraksi dengan 49 relawan lain dan 600 delegasi se-dunia, saya menemukan beberapa hal yang bikin saya nggak akan ngelupain hal ini sampai kapanpun. Hahaha. Pertama, saya joged Avicii, DJ yang terkenal banget di USA sana sengaja didatangkan untuk menghibur para peserta GYF di hari terakhir. Namun sebelumnya soundtrack lagu Avicii yang Levels telah membuat panas keadaan sebelum hari terakhir. Apa pasal? Karena kami bisa ikut joged bareng Avicii via digital media yang sudah dirancang oleh tim dari GYF pula. Jadi, kami bisa joged bareng Avicii dengan latar belakang warna hijau, kemudian hasilnya akan terlihat di komputer dimana ada Avicii disamping kami yang lagi nge-DJ. Antusias? Pasti! Hahaha. Saya yang awalnya nggak mau, akhirnya tergoyahkan juga, dan berhasil bikin dua video Avicii! Itu pun sampai Jambi berasa pengen bikin video lagi bareng relawan GYF dan Avicii di screen shootnya hahaha😀

Selain Avicii, yang kedua adalah bertemu dengan Agnes Monica dan menyaksikan langsung my favorite idol menyanyi di depan saya dan delegasi lain pada malam terakhir. And it was FREE! Yup, karena si Agnes emang sengaja didatangkan sebagai perwakilan anak muda Indonesia (dan juga dunia) yang berhasil menggapai impian untuk go international. Kesempatan ini tentu nggak saya sia-siakan. Saya mengambil video pidato Agnes saat pembukaan dan penutupan acara. Dibuat speechless oleh kalimat yang ia lontarkan bahwa “Ketika orang lain meremehkan impian kamu, yang harus kamu lakukan adalah buktikan kepada mereka bahwa kamu bisa, and I had done it.” Pun kalimat sakti yang saya masukkan ke dalam kata pengantar skripsi: Dream, Believe, and Make it Happen juga ia lontarkan.

Memorable moment banget menyaksikan Agnes berbicara langsung di depan ratusan anak muda, and I was one of them!  Bahkan ketika mendengar dia live performance dua lagu, Muda dan satu lagu yang dia duet dengan Timbaland, kebahagiaan saya semakin menjadi-jadi. Ini nggak mungkin saya dapatkan dengan gratis kalo bukan karena GYF, and I’m very thankful to Allah Swt, He gave me chance to meet my idol, to get inspire from Agnes. Oya, anak Jambi yang menjadi kepercayaan panitia GYF dalam mengorganisir acara ini sempat dapat cipika cipiki dari Agnes, namanya Angga, dan dia beruntunggg bangeeeettttt! *cobawaktuitubisamenyulapdirijadianggaya*

Di hari terakhir bulan Desember, akhir tahun ini, saya bener-bener nggak bisa ngelupain momen bareng mereka. Truly inspired from this event. Jadi berasa mau nambah hari bersama kawan-kawan yang amazing, fabolous, de el el. Banyak kata-kata yang terngiang setelah acara ini, selain amazing dan fabolous, hashtag #DuniaWajibTau nya Ami ini juga jadi trending topic relawan di twitter, hahaha.. Kekompakan ngabisin DSA untuk belanja oleh-oleh dengan rekor beberapa kawan saat berbelanja membuat mata terbelalak. Walah setelah beberapa keluar masuk gedung, setelah selesai melampiaskan semuanya haha.. Kata mereka gini: “Mumpung ada DSA.” Ckckck, hanya relawan GYF nih, hanya kalian guyssss! You made my life be colourful. Eventhough we don’t have much time to spend together with, I’m blessed to know you all. I wish someday we can meet again, great team! Tanpa kalian, saya nggak bisa menulis pengalaman sesemangat ini😀

Nah, ini ceritaku, apa ceritamu di #GYF?🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s