Festival Candi Muaro Jambi dan Pesta Kanal Kuno: Menikmati Kawasan Candi Dengan Gaya Unik

Coba tebak tempat wisata apa yang membuat Jambi dikenal di mancanegara karena luasnya daerah wisata? Can you guess which one of the icon of Muaro Jambi? Yup, tebakan MJ bener banget! Apalagi kalo bukan Candi Muaro Jambi kan? Komplek situs terluas se-Asia Tenggara ini lah jawabannya. So what makes this tourism place becomes the unique one?

Agenda rutin pelaksanaan Festival Candi Muaro Jambi selalu diadakan setiap bulan Mei tiap tahunnya, begitu pula tahun ini. Nah kali ini, Festival Candi Muaro Jambi nggak sendirian, beberapa waktu lalu tepatnya pada 20-23 Mei, juga diadakan Pesta Kanal Kuno di kawasan Candi Muaro Jambi. Kalo kalian mengunjungi candi diantara tanggal tersebut, kalian tentu melihat kawasan candi rame dipadati pengunjung kan?

Festival Candi Muaro Jambi dan Pesta Kanal Kuno ini sukses menarik perhatian pengunjung. Karena apa? Biasanya kan pengunjung hanya berfoto-foto di kawasan utama candi atau sekedar piknik, kali ini halaman candi lebih berwarna dengan dua acara tersebut. Festival Candi Muaro Jambi menampilkan pagelaran musik dan budaya Muaro Jambi, berbagai macam lomba, dan stand pameran kerajinan tangan khas Muaro Jambi.

Di sisi lain, Pesta Kanal Kuno yang diadakan di RT. 07 Desa Muaro Jambi, Danau Kelari ini, juga menarik minat pengunjung lho. Pagelaran tari, musik, dan seni khas Muaro Jambi dipertunjukkan di panggung utama. Ada pula lomba memasak yang diramaikan oleh para ibu-ibu di Desa Muaro Jambi. MJ juga sempat mencicipi masakan khas desa ini, ikan senggung namanya. Jadi ikan endemik rawa-rawa seperti ikan tomang, bujuk, dan gabus, dimasukkan ke dalam bambu dan dipanaskan selama enam jam. Kurang lengkap kalo makan ikan senggung tanpa dicocol dengan sambal cicahan yang terbuat dari tomat, cabe, dan jeruk nipis, lebih menggigit dan maknyuussss!

Daannn..yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung adalah menyusuri kanal kuno dengan sampan (perahu). Terobosan baru yang diberikan oleh pemuda Desa Muaro Jambi ini keren banget. Menurut Abdul Haviz, atau biasa dipanggil Ahok, ketua acara Pesta Kanal Kuno ini, butuh waktu satu bulan untuk membersihkan kanal kuno tersebut agar layak dilewati sampan. Ini juga melibatkan anggota Dwarapala Muja dan masyarakat yang berada di sekitar kanal.

“Biasanya pengunjung ke candi hanya berfoto, atau menyusuri candi dengan berjalan kaki, bermotor, atau bersepeda, justru dengan adanya kanal kuno yang mengelilingi candi ini, kami berusaha mengingatkan kepada pengunjung candi untuk kembali pada masa kerajaan Melayu Jambi sekitar abad VII Masehi. Jadi kalo mau keliling candi, bisa naik perahu dengan menyusuri kanal kuno ini,” ujar Ahok yang juga guide di kawasan wisata seluas 17 km persegi ini.

Decakan kagum akan kanal kuno ini memang gak bisa dipisahkan dari peradaban Candi Muaro Jambi. Kenapa? Karena kanal merupakan bagian situs candi-candi yang ada di Indonesia, bukan hanya Candi Muaro Jambi saja, namun juga Situs Trowulan yang menjadi petilasan ibu kota Kerajaan Majapahit di Mojokerto, Jawa Timur. Kanal yang dialiri air dari Sungai Batanghari ini berfungsi sebagai sarana transportasi dan pertahanan kompleks candi.Pembaca MJ harus tahu nih, bahwa kanal kuno di Candi Muaro Jambi bisa digunakan kembali, selain sisi ekonomis dari wisata, kita juga bisa mempelajari sejarah candi dari kanal kuno ini bukan?

Menu

Ikan senggungnya itu yg berasap2 lho😀 Enak dan maknyus!

rut Ahok, respon pengunjung terhadap kawasan candi ini semakin bagus. Ia pun berharap kanal kuno mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi untuk berkunjung ke candi. Kedepannya akan ada aktivitas lain yang tidak hanya berfokus pada zona utama candi, namun juga zona pengunjung seperti kanal kuno yang terletak di RT. 07 Danau Kelari ini bisa menjadi best moment bagi pengunjung pula. Well, sounds interested to visit Muaro Jambi Temple again and again, right? (bellamoulina)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s