Blogger Muda: Catatan Hidup dan Tulisan Perjalanan

Jika sebelumnya saya menulis untuk media massa, itu memang kebutuhan bagi seorang jurnalis untuk menyelesaikan tugas pekerjaannya. Namun ketika saya menuliskan tentang pengalaman hidup saya, tulisan itu pun tertuang dalam sebuah blog, bernama gogreenbella.wordpress.com. Blog ini memiliki representasi khusus dari kejadian-kejadian bahagia maupun sedih yang saya alami. Ia tidak hanya berisikan keluh kesah saja, namun juga motivasi dan perjalanan hidup bisa anda temukan disana.

Saya mengenal kata blog sejak SMA, ketika bulan-bulan terakhir menuju mahasiswa. Saya memulai ngeblog dengan memiliki akun stop9lobalwarmin9.blogspot.com. Sayangnya blog yang bertahan hingga saya mahasiswa semeter empat itu tidak terkoordinasi dengan baik. Meski itulah awal mulanya saya ngeblog, namun saya kurang merasa banyak menulis disana. Ditambah lagi kesibukan setelah menjadi mahasiswa membuat tulisan yang dipublish disana menjadi berkurang. Alhasil akun blog pertama tersebut mati.

Selang beberapa lama tidak ngeblog, saya pun tercetus untuk memiliki blog lagi. Kali ini saya bertekad bahwa blog itu jangan seperti kisah blog sebelumnya, yang saya tinggal hingga lupa passwordnya. Blog baru ini harus punya ide cemerlang dan tulisan yang tiap bulannya selalu ada di blog itu. Tentu saja niat ini berjalan agak lancar, karena hobi menulis dan rentang waktu untuk menulis agak banyak. Akhirnya pada 2010 lalu saya ngeblog kembali, dan memiliki akun yang hampir sama bertemakan lingkungan (meski isi tulisan blog tidak terlalu banyak memuat unsur lingkungan), gogreenbella.wordpress.com.

Tahun itu menjadi momentum saya aktif kembali menjadi blogger. Ternyata saya perlu tempat mencurahkan isi hati saya dan pengalaman hidup, yang mungkin saja berguna bagi orang lain, dan mereka bisa mendapatkan pelajaran dari tulisan saya. Oleh karena itu, saya menuliskan gagasan blog ini dengan nama When The Stories Tell About Life Experiences. Jadi isi blog itu merupakan cerita dari pengalaman hidup saya. Akhirnya saya pun menemukan jati diri di blog, dimana ketika saya menulis sebagai jurnalis tidak bisa seenaknya menulis di blog. Sebaliknya ketika saya menulis di blog, saya bisa sesuka hati menulis apa yang ada di pikiran saya, bukan?

Saya membuat akun blog ini dengan desain yang simpel. Ada gambar bunga tulip dan banner foto saya ketika mengunjungi Kebun Raya Bogor, salah satu tempat wisata yang ada di Indonesia, yang terletak di Bogor. Latar belakang blog ini juga berwarna putih, tidak terlalu banyak ornamen-ornamen karena akan merusak mata pembaca. Saya juga mencantumkan halaman tentang About Me, disamping halaman tulisan yang memang telah ada di blog ini. Tulisan-tulisan pun dikategorikan ke dalam 18 kategori, yakni Cinta Lingkungan, Curhat, Feature, Jambi Punyo Crito, Kreativitas, Lomba, Mutiara Hidup, My Dreams, My Thoughts, Pendidikan dan Guru, Petualang Aku Cinta Indonesia Detikcom, Picture Tells a Story, Promosi, Puisi, Sahabat Ilmu Jambi, Segalanya Keluarga, Travel Writing, serta Wisata dan Budaya Jambi.

Dari beragam kategori itu, jika ditarik benang merahnya, saya melihat bahwa tulisan saya tidak lepas dari pemikiran dan pandangan saya terhadap sesuatu, refleksi dari kejadian yang saya alami, hingga tulisan perjalanan.  Tulisan dalam kategori Cinta Lingkungan, Kreativitas, Lomba, My Dreams, My Thoughts, Pendidikan dan Guru, Promosi, Sahabat Ilmu Jambi, dan Segalanya Keluarga termasuk dalam pemikiran dan pandangan saya terhadap sesuatu. Selain itu, kategori yang termasuk pada refleksi dari kejadian yang saya alami adalah Curhat, Feature, Mutiara Hidup, dan Puisi. Sedangkan kategori Jambi Punyo Crito, Petualang Aku Cinta Indonesia Detikcom, Picture Tells a Story, Travel Writing, hingga Wisata dan Budaya Jambi merupakan contoh dari tulisan perjalanan yang saya lakukan baik di Jambi maupun beberapa kota di Indonesia yang pernah dikunjungi.

Di blog, saya bebas menuliskan apa yang saya inginkan. Saya menuliskan ide, perasaan, harapan, dan keluh kesah di blog. Tulisan-tulisan itu secara tidak langsung juga memberi manfaat bagi teman-teman yang ingin memetik hikmah atau mendapatkan informasi dari tulisan saya. Bebasnya menulis dan disenangi oleh teman-teman membuat saya aktif menulis blog setiap bulannya. Saya senang ketika apa yang saya tulis sekiranya bermanfaat bagi mereka, itu merupakan bonus bagi saya setelah berjam-jam fokus di depan laptop.

Saya juga memanfaatkan blog untuk mempromosikan wisata dan budaya Indonesia dalam catatan perjalanan yang pernah saya lakukan. Meski memang tidak terlalu banyak tulisan yang saya buat, namun setidaknya pengalaman mengunjungi beberapa tempat tersebut membuat banyak orang juga bertanya kepada saya soal tulisan yang dibuat. Tentunya memperkenalkan sesuatu hal yang unik agar orang mau berkunjung kesana, apalagi berkunjung ke Jambi, membuat saya merasa bahwa menulis blog tidak sia-sia. Mereka justru mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka terbantu oleh tulisan saya, dan saya senang bisa berbagi.

Mendapatkan teman yang respect dengan tulisan di blog juga kebahagiaan tersendiri. Kami saling bertukar tulisan dan mereka suka memberikan kritik dan saran terhadap blog saya. Informasi dari catatan perjalanan-lah yang paling saya sukai dari beberapa blog milik teman. Saya juga mendapatkan inspirasi setelah membaca blog milik teman, terkadang pengalaman hidup yang mereka lalui membuat saya termotivasi untuk berbuat lebih baik. Adapula blog dengan tulisan menarik dan alur yang ringan dibaca membuat saya terkesan dan saya belajar menulis dari milik mereka, seperti blog milik Andreas Harsono, Iman Usman, Alanda Kariza, Lucia Nancy, Anandita Puspitasari, Pandji Pragiwaksono, Yoseph Kelik, Lalu Abdul Fatah, Ahmad Alkatiri, Meila Rosianika, Patrisia Merly, Billy Boen, dan lainnya.

Saya ingin sesekali menulis tentang profil orang berprestasi atau orang yang menginspirasi di kehidupan saya. Saya ingin menulis dari cerita orangtua dahulu, kemudian beranjak ke beberapa orang yang ada disekeliling saya. Tentu saja saya berharap profil yang akan saya buat nanti bisa menginspirasi orang lain pula yang membaca blog saya. Tentu saja alur penulisan profil ini akan saya kemas melalui alur feature, dimana dulu saya pernah mendapatkan ilmu dari guru menulis saya, Andreas Harsono. Dengan gaya tulisan di blog seperti ini, saya akan nyaman menulis.

Kini saya semakin sering menulis di blog. Tulisan-tulisan di blog menjadi pemicu semangat saya giat menulis dengan baik, yang enak dibaca oleh orang lain. Tidak menutup kemungkinan suatu saat blog saya bisa diikutsertakan dalam lomba blog. Yang terpenting, saya enjoy menulis di blog, dan saya akan tetap menulis di blog.

6 thoughts on “Blogger Muda: Catatan Hidup dan Tulisan Perjalanan

Leave a Reply

