Penelitian Skripsi, Semangaattt!

Sebel banget deh rasanya kalau ada yang nanya gini:

“Kok belum wisuda, Bel? Angkatan kalian emang belum ada satupun yang wisuda ya?”

                “Wisuda lah lagi, awak lah 5 tahun di kampus.”

Atau ini -> “Apo yang dikerjakan di kampus? Nanti kalo banyak ikut kegiatan, malah dak lulus.”

Terus, masalah buat loe? Salah gue? Salah ayah gue? Salah ibu gue? *dengannadasengit* Sebenarnya sih nggak pernah memperlambat masalah skripsi, yang berujung pada wisuda! Tapi saya yang berprinsip slow but sure ini, juga nggak mau terlena dengan berbagai aktivitas yang membuat malas mengerjakan skripsi. Buktinya saya bisa kok mengerjakannya! Memang sih jurusan bahasa Inggris agak lama wisuda, but it’s not problem for me guys. Yang terpenting adalah, setelah lulus kuliah, saya tahu mau ngapain dan saya tahu apa yang mau dikerjain sesuai passion. Nah masalahnya kan kadang kita pengen cepat wisuda tapi setelah itu bingung mau ngapain😀

Di sela-sela kegiatan sebagai jurnalis, guru, penggiat komunitas, dan suka mengikuti kegiatan di luar Jambi, tidak lantas membuat saya hilang arah dan menelantarkan skripsi. Benar kata Mom Deliata, pembimbing skripsi saya, beliau mengatakan kesibukan jangan membuat kita terlena dengan skripsi. Seharusnya itu jadi patokan bagi kita, bagaimana menyeimbangakan kegiatan di luar dengan skripsi. Akan lebih bagus lagi kalau semua itu seimbang ^_^ Saya pun mengangguk ketika suatu kali beliau menasehati saya.

Tentunya saya ingin wisuda cepet dong, tapi kalau setelah wisuda saya malah nggak ngapa-ngapain, at least kerjaan hanya di rumah doang, orangtua pasti nggak seneng dong? Maka dari itu, mulai dari sekarang, saya memperbanyak jaringan, teman, relasi, ilmu, dan kegiatan yang mengeksplorasi minat bakat saya. Saya belajar dari banyak orang untuk bisa melakukan aktivitas apapun dan menomorsatukan kepentingan di dalam keluarga. Justru ketika teman-teman mencemooh saya kapan wisuda cepat, saya sih senyum-senyum aja di dalam hati. Sambil tertawa keras, hahaha..dengan niat ingin menutup mereka pakai batu😀

Nah, selasa besok perjalanan dimulai lagi. Yup, saya mulai besok akan melakukan penelitian skripsi di SMP N 14 Jambi, sekolah dimana saya pernah melaksanakan teaching practice pada 2010 lalu, dan sempat pula mengantarkan saya menjadi 66 Petualang ACI Detikcom 2010. Meski terhambat selama satu bulan untuk mengerjakan penelitian (karena saya mengikuti Parlemen Muda Indonesia dan Indonesian Young Changemakers Summit selama tiga minggu di Jkt dan Bdg), saya nggak nyesel tuh. Malah setelah balik dari kegiatan itu saya semangat mengerjakan apapun di Jambi!

Well, doakan ya penelitian saya besok pagi yang dimulai pukul 07.15 bisa berjalan baik. Saya sudah mempersiapkan jauh-jauh hari, sudah menghubungi sekolah dan mendapatkan izin, dan sudah mempersiapkan materi yang akan diajarkan. Semoga saja Allah Swt memberika kemudahan di hari pertama penelitian besok. Truly, I am proud being a teacher, ini profesi yang akan saya jalani hingga akhir hayat nanti! ^_^

Leave a Reply

