Menjadi Relawan di Sahabat Ilmu Jambi

Kata Ibu Tri Mumpuni, sesuatu hal jika dikerjakan dengan konsisten, fokus, dan amanah, maka menghasilkan perubahan positif. And I believe what she says! Sama seperti apa yang telah teman-teman relawan lakukan di komunitas sosial Sahabat Ilmu Jambi, kegiatan pendampingan di panti asuhan yang bermula dari hal-hal kecil tersebut suatu saat akan mengalami peningkatan yang lebih baik, asalkan semua relawan dan adik asuh konsisten, fokus, dan amanah. Now, I wanna tell about Sahabat Ilmu jambi.

SIJ, satu hal yang dulu terpikir di benak saya untuk membuat komunitas dengan background pendidikan. Namun di sisi lain, saya takut nggak punya teman dan nggak dapat dukungan dari banyak orang. Hingga akhirnya setelah balik dari KKN di Desa Muaro Jambi, keinginan untuk membuat komunitas yang bergerak nyata di Jambi tidak bisa ditolerir lagi. Kemudian saya menyampaikan keinginan tersebut kepada kak Meila. Kami pun sepakat untuk mendirikan SIJ, nggak peduli apa bakal banyak orang yang mendukung atau malah mencemooh. The most important is, let’s start!

Terbentuk pada 5 Agustus 2011 di Unja Telanai, saya dan beberapa orang teman kala itu menyepakati keberadaan SIJ di Jambi. Kami ingin berbuat sesuatu yang buka sekedar wacana. Dengan keinginan tulus tanpa niat apapun, membuat anak-anak kurang beruntung bisa mendapatkan ilmu gratis dan cakrawala hidup bertambah. Menjelang 7 bulan kehadiran SIJ di Jambi, kami memang masih kecil. Pendampingan di panti asuhan pun perlahan-lahan ada kemajuan, sejak pertama kali pada tahun lalu kami masuk ke panti hingga melakukan pendampingan setiap minggunya, anak-anak sudah mulai dididik dan diajak hobi membaca dan menulis.

Sabtu kemarin, 25 Februari, kami mengadakan gathering kedua di Kedai Kopi (terima kasih mas Rahmad atas peminjaman tempatnya :D). Gathering kedua merupakan tempat kami berkumpul dan mengevaluasi pendampingan selama tiga bulan terakhir (Desember-Januari-Februari). Hasil pemantauan saya terhadap perkembangan minat membaca dan menulis dari relawan yang menjadi kakak asuh adalah kami masih perlu meningkatkan tujuan menjadi 60% untuk melengkapi 100% tercapainya tujuan di dua panti yang kami bina.

Yup, semua butuh proses, saya percaya relawan sudah berusaha semampu mereka untuk mengenal adik asuh, mengetahui kecerdasan, meningkatkan minat membaca dan menulis, menambah ilmu pengetahuan mereka, memotivasi mereka untuk belajar lebih rajin, dan lainnya. Tentu saja apa yang kami lakukan tidak terlepas dari pribadi sang adik, saya berharap adik asuh di dua panti tersebut tidak menyia-nyiakan kesempatan berbagi ilmu yang kami berikan. Sesuai harapan saya dan teman-teman, meski mereka berasal dari kategori kurang beruntung, tentunya kehadiran SIJ dapat memotivasi mereka untuk mendapat ilmu lebih baik!

Btw, gathering di Keiko kemarin juga memberikan pelatihan kerelawanan dan program pendampingan adik asuh. Teman-teman sangat antusias mengajukan pertanyaan dan berdiskusi bersama-sama. Ini yang bikin saya semangat! Ternyata saya nggak sendirian, saya memiliki banyak teman-teman yang konsisten, fokus, dan amanah dalam menjalankan kewajiban sebagai warga negara: MENCERDASKAN ANAK BANGSA. Senang sekali rasanya jika kami bisa berkolaborasi dan memiliki visi misi yang sama. Saya yakin perjuangan ini nggak berhenti sampai disini saja. Ia akan berkelanjutan, SIJ akan terus ada, hingga semua anak-anak Jambi hobi membaca dan menulis ^_^

Guys, kami percaya SIJ nggak akan bisa berjalan tanpa dukungan dan kerjasama orang lain. So that, kami membutuhkan beberapa relawan untuk menjalankan visi misi di kedua panti asuhan. Nah, buat kalian yang tertarik menjadi relawan sekaligus kakak asuh untuk meningkatkan minat baca dan nulis mereka, so join us! What you have to do is peduli, berkomitmen dalam pendampingan sabtu sore jam 3-5, bisa diajak kerja sama, menyukai anak-anak, dan memiliki passion di bidang pendidikan, serta hobi membaca dan menulis. Interested to be part of our volunteer? Kebetulan banget nih, kita lagi mengadakan perekrutan relawan hingga kamis besok! So, send your curriculum vitae, riwayat organisasi dulu dan sekarang, serta alasan mengapa ingin bergabung menjadi relawan SIJ ke email: sahabatilmujambi@gmail.com.

Yang perlu kalian ketahui adalah kita tidak memberikan uang atas kebaikan dan jiwa sosial kalian dalam mentransferkan ilmu, but we give a place to contribute yourself in improving their anthusiasm on reading and writing, and sharing knowledge for Jambi kids. Untuk info lebih lanjut, bisa hubungi saya ya ^_^ Yuk menebar ilmu dan membuka cakrawala!

(NB: Para relawan yang telah lolos seleksi menjadi kakak asuh nantinya akan mendapatkan pelatihan setiap bulan, mendapatkan sertifikat untuk setiap periode yang telah disepakati, berkesempatan menjadi Volunteer of the Month, dan mendapatkan pahala atas kebaikan yang telah dijalankan, hehe)

4 thoughts on “Menjadi Relawan di Sahabat Ilmu Jambi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s