SIJ, Keluarga, dan Resolusi 2012

Hello universe, good night! Happy new year 2012! Today I had a lot of activities with my community Sahabat Ilmu Jambi and my family. We spent the day with happiness. I wish you are happy too guys ^_^ Ow ya,saya juga sedikit mo share soal resolusi saya tahun depan nih, dengan harapan resolusi itu bisa terwujud, amiiinnn..

Hari ini saya kembali datang ke Panti Asuhan Darul Aitam. Dimana di panti tersebut telah diadakan lomba dalam memperingati Hari Guru dan Hari Ibu. Lomba-lomba ini diadakan khusus di penghujung akhir tahun untuk anak-anak di dua panti, tambahan lagi Panti Asuhan Madinatul Aitam. Lomba yang diadakan antara lain lomba mewarnai, lomba baca puisi, serta lomba cipta dan baca puisi. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00-17.00 ini sangat meriah dan membuat saya bahagia. Saya berharap lomba ini dapat menstimulus mereka untuk bisa menggapai cita-cita kedepannya, membuat mereka mau berkarya meski dalam lingkup kecil, dan menumbuhkan minat baca dan nulis perlahan-lahan. Acara ini juga nggak bakal berlangsung sukses tanpa partisipasi dan kerja sama semua relawan, sekaligus atas izin bapak dan ibu panti. Kami tadi juga disuguhi bakso dari ibu panti Darul Aitam, hmm enak deh😀

Ow ya saat setelah penyerahan hadiah tadi, ada anak asuh dari panti Madinatul Aitam menangis. Dia nangis karena nggak menang. Hehe, hal lumrah bagi anak kecil nih. Namun beberapa teman sempat kelabakan tadi membujuk si Udin untuk nggak nangis lagi. Ada yang kasih cokelat, ngomong dengan dia, hingga ngelucu. Untungnya dia mau baikan kembali. Lain lagi halnya dengan Syifa atau biasa dipanggil Neng. Anak ini terlihat anteng ketika namanya nggak disebut maju ke depan, tapi pas saya pamit pulang tadi ibu panti bilang ke saya kalau Syifa protes kepadanya kalau dia nggak menang. Hehe, anak yang lucu. Untungnya tadi Syifa nggak nangis ya? Well, terima kasih banyak pokoknya bagi semua relawan, adik asuh, dan pengurus panti, telah berbagi keceriaan di penghujung tahun ini. I’m so happy with you all guys :’)

Next seperti biasa, ritual malam tahun baru dihabiskan dengan keluarga saya. Tadi selepas maghrib saya sekeluarga jalan-jalan keluar rumah. Sekedar menikmati suasana malam tahun baru barang sejenak. Sempat pula mampir ke Kedai Ombay untuk makan. Kami disana teringat adik yang kuliah di Bogor, yang nggak bisa ikut kumpul dengan kami. Teringat pula akan beberapa masyarakat yang mungkin tidak dapat menikmati keceriaan malam tahun baru. Bahagia rasanya ketika hal itu bisa jadi bahan diskusi dengan mama, papa, sadi, setidaknya mereka bisa membuka rasa empati kepada kami untuk bisa berempati pula terhadap orang lain. That’s my family guys. Mungkin mereka sibuk dengan aktivitas luar, tapi pelajaran yang diberikan selalu saja bikin saya bersyukur bahwa saya sangat bahagia berada dalam keluarga ini. Nggak lama kemudian, kami pun pulang ke rumah. Sambil menunggu pukul 00.00 menunjukkan waktu baru, 1 Januari 2012, kami istirahat, sebelum menunaikan sholat tahajud. Kini saya mau share dulu mengenai resolusi 2012 yang ingin saya penuhi. Ada beberapa resolusi yang masih sama seperti tahun 2011, karena resolusi itu masih belum terwujud. Yang pasti saya akan terus berusaha dan berdoa agar resolusi 2012 dikabulkan oleh Allah Swt, aminnn..

Sebenarnya banyak yang setuju dan nggak setuju dengan resolusi. Saya termasuk dalam ruang setuju dengan adanya resolusi. Kenapa? Karena dengan ini hidup saya lebih tertuju ke arah yang jelas. Saya jadi tahu apa saja yang mesti saya capai. Saya bukan orang ambisius, tapi ini membuat saya mengerti bahwa apapun yang saya sukai dan inginkan setidaknya ada jejak memori yang mampu dikenang. Maka dari itu lah ada beberapa hal yang menurut saya ingin dituntaskan pada 2012 esok. Saya nggak tahu ini banyak atau nggak, yang pasti yang saya tuliskan ini adalah resolusi yang saya ingat beberapa hari terakhir. Semoga resolusi 2012 ini membuat saya yakin bahwa mimpi sekecil apapun akan terwujud. Man jadda wajada. Man shabara zafira.

  1. Lulus kuliah -> Hampir 10 semester saya tuntaskan untuk memenuhi panggilan skripsi untuk menyelesaikan kuliah. Saya bukan tipe pelambat atau pecepat. Saya itu slow but sure. Saya tergolong orang yang stick to the rule bahwa saya ingin begini begitu. Namun apa daya yang saya inginkan nggak berjalan mulus. Saya sampai saat ini masih menyelesaikan skripsi. Insyaallah Januari saya seminar, doakan saja April atau September atau bulan berikutnya saya bisa pake toga, hehe.. Lulus kuliah tahun 2012 itu menurut saya HARUS! J
  2. Belajar ke luar negeri -> Kalo ini seolah nggak pernah lepas dari resolusi yang saya sematkan pada setiap doa. Nggak henti-hentinya saya berharap kepada Allah Swt untuk bisa diberi kesempatan belajar ke luar negeri. Entah itu belajar yang terkait pendidikan, lingkungan, jurnalistik, atau pertukaran budaya Indonesia, saya ingin sekali menginjakkan kaki di negeri luar. I wish I can reach it in 2012. Doakan ya aplikasi SUSI New Media on Journalism bisa kasih hasil terbaik. Tapi kalau belum rezeki, saya akan terus mencoba kok, hehe.
  3. Ikut Indonesia Mengajar -> Passion saya di bidang pendidikan mengantarkan diri ini untuk bercita-cita menjadi guru. Senang sekali kalo saya dipanggil Ibu Guru, rasanya adem sekali gitu. Indonesia Mengajar ini merupakan gerakan yang menempatkan lulusan terbaik universitas se-Indonesia di daerah terpencil di Indonesia untuk mengajar dan mendidik, serta menginspirasi anak-anak disana. Saya pengin banget jadi bagian dari gerakan ini, amin.
  4. Belajar alat musik Jambi -> Penginnya dari dulu saya belajar alat musik Jambi. Kenapa? Karena bahkan sampai saat ini saya nggak bisa main gitar! *frustasi*Saya berpikir bahwa percuma saya nanti belajar alat musik modern tapi nggak mengenal alat musik tradisional Jambi sendiri. Lagipula dari dulu pengin banget minta diajarin ama bapak di TBJ untuk bermain alat musik Kulintang Kayu, tapi nggak jadi mulu. Semoga tahun depan ada kesempatan ya untuk mengenal budaya Jambi.
  5. Keliling tempat wisata di Jambi & Jawa -> Sebelum melancong ke kota lain, ada baiknya saya bisa menginjakkan kaki di Pulau Berhala, Suku Anak Dalam, Geo Park Merangin, dan lainnya. Impian saya ke tempat pariwisata di Jambi itu bagaikan suatu kewajiban. Miris rasanya kalau ada keluarga atau teman yang bertandang ke Jambi, saya nggak tahu tempat wisata disini kan? Nah setelah itu, saya mau keliling Semarang, Jogja, dan Surabaya. Kalau bisa sih dilanjutkan dengan provinsi lain, hehe. Senang rasanya mengeksplor dan mengenal setiap jengkal Indonesia, kekayaan alam, kesenian budaya, dan ramah tamah masyarakatnya nggak tergantikan dengan apapun deh! Saya berinisiatif jalan-jalan ketika selesai wisuda, amin ya..
  6. Menyebarkan virus Sahabat Ilmu Jambi -> Semakin banyaknya relawan yang tergabung dalam komunitas ini, membuat saya semakin bersemangat menjalankan komunitas Sahabat Ilmu Jambi. Selain itu dukungan dari berbagai pihak membuat saya percaya bahwa anak muda punya andil besar terhadap perubahan nyata di daerahnya. Jadi saya ingin menyebarkan virus Sahabat Ilmu Jambi bagi semua relawan dan adik asuh, serta menggaet relawan lebih banyak lagi untuk menuntaskan visi dan misi SIJ, meningkatkan minat baca dan nulis anak kurang beruntung. Semoga juga SIJ makin solid, kompak, dan bersemangat.
  7. Lebih tepat waktu dan lebih memahami orang lain -> Adalah hal sulit bagi saya untuk tepat setepat-tepatnya waktu. Saya harus menyadari sebelum meminta orang lain untuk tepat waktu, saya terlebih dahulu memberi contoh. Ya, resolusi untuk tepat waktu saat berjanji adalah yang ingin saya capai. Saya nggak mau orang ngomel-ngomel kala saya telat. Di sisi lain saya ingin memahami pendapat dan karakter orang lain agar saya bisa menyelaraskan kehidupan dengan mereka. Kalau saya tidak memahami mereka, bagaimana mereka mau memahami saya? Toh kalau saya sudah memahami mereka namun mereka tidak memahami saya, apa boleh buat? Yang penting saya sudah melakukannya kan?
  8. Membahagiakan orang yang saya sayangi -> Keluarga, kerabat, dan semua orang yang ada disekeliling saya, saya berusaha untuk menyayangi mereka dan tidak mengecewakan mereka. Saya berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih menarik, nggak gampang emosi, suka senyum, nggak ribet, dan mengerjakan sesuatu berdasarkan apa yang saya sayangi. Saya juga ingin apa yang saya lakukan berguna bagi orang banyak. Saya ingin membuat keluarga dan kerabat bahagia di dekat saya, dan saya membanggakan mereka.
  9. Terakhir, bukan saya menomorakhirkan Dia. Saya ingin lebih dekat dengan Allah Swt. Ya saya sering alfa sebagai hambaNya, maka saya pun ingin mengubah diri ini lebih baik dan lebih dekat dengan Allah Swt. Saya tahu umur akan terus berkurang, hidup saya pun suatu saat akan dicabut jika Allah swt menghendakinya. So that, saya ingin lebih baik di mataNya di 2012 nanti. Jadikan saya hambaMu yang bersyukur, yang selalu mengikuti perintahMu, dan mengikuti jalan lurusMu, serta melakukan hal-hal positif berdasarkan Allah Swt. Tanpa ridhoNya, saya nggak mungkin bisa bernafas hingga sekarang. Jadi, semoga Allah swt selalu melindungi saya dimanapun berada, amin.

 

Anyway, segitu saja dulu cerita saya hari ini. Komplit banget kan? Hehe.. Mulai dari kegiatan bareng Sahabat Ilmu Jambi, keluarga tercinta, hingga resolusi 2012. Saya berharap resolusi ini nggak sekedar resolusi saja. Saya ingin berusaha dan berdoa untuk mewujudkannya menjadi nyata. Semoga Allah swt juga mengizinkan semua yang saya resolusikan tercapai pada 2012 nanti ya, amin.. Terima kasih atas kenangannya 2011, selamat tahun baru 2012. I’m ready to enter new life ^_^

Relawan Sahabat Ilmu Jambi dan adik asuh di Panti Darul Aitam sewaktu mengadakan lomba tadi🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s