Antara Mama dan Saya: Sama dan Beda

“Kamu akan  belajar makna pengorbanan ketika kamu mempunyai anak.”

Itu adalah kalimat yang saya dapatkan dari buku A Cup of Comfort for Mothers and Daughters. Buku yang berceritakan kisah inspiratif antara ibu dan anak ini membuat saya tersentuh. Menyadari bahwa tidak banyak yang saya lakukan untuk membahagiakan ibu saya. Mungkin lebih banyak kesedihan yang saya perbuat ke mama selama ini, jauh dari impiannya mungkin untuk melihat saya menjadi anak penurut di matanya.

Buku ini membuat saya semakin sayang dengan mama saya. Membuat saya semakin sadar kalau saya suka mengindahkan perkataannya, akan jadi apa saya ini? Kalau saya masih suka cuek dengan mama, kapan lagi bisa dekat dengan dia? Saya tahu saya akan menyesal nantinya karena tidak memanfaatkan waktu yang baik dengan mama. Saya tidak tahu siapa yang akan lebih dahulu meninggalkan dunia ini, mama atau saya? Karena itulah, saya ingin membahagiakan mama sebelum salah satu dari kami pergi meninggalkan keindahan dunia.

My mom is my inspiration. Mama lah yang membuat saya menggebu-gebu untuk menjadi guru. Toh walaupun saya banyak beraktivitas dalam ranah lain, entah kenapa suatu saat saya akan memantapkan pilihan untuk mengajar dan mendidik generasi muda. Mama barangkali menularkan semangat itu secara tidak sengaja, ketika ia tahu bahwa cita-citanya untuk menjadi guru Biologi sudah terkubur dalam. Saya terinspirasi untuk menjadi guru karena mama. She inspires me a lot.

Mama mengajarkan saya untuk hidup sederhana juga. Ia sampai sekarang masih memakai handphone 1202-nya dan tidak ingin mengganti handphonenya dengan BlackBerry atau semacamnya. Ia tidak hobi shopping dan nyalon. Beberapa hal yang patut saya banggakan dari mama adalah hal itu. Ia juga tidak bisa melihat rumah kotor dan peduli dengan lingkungan. Kata mama, uang banyak bukan untuk dihamburkan atau diperlihatkan pada orang lain, lebih baik menabung untuk masa depan. Kalau sudah seperti ini, saya bakal ngikut kata mama. Setuju banget!

Mama dan saya juga memiliki banyak kesamaan. Kami sama-sama sensitif. Sama-sama berbadan mungil. Sama-sama mudah stres dan lesu. Sama-sama peduli lingkungan. Satu hal yang kata mama saya tidak sama dengan dia adalah saya itu pemberani. Saya dengan cepat bergaul dengan orang lain, sedangkan mama agak tertutup. Saya bergaul dengan cewek dan cowok, sedangkan mama takut dengan laki-laki. Pemberani juga diartikan mama bahwa saya suka beraktivitas dan melakukan sesuatu berdasarkan apa yang diinginkan. Sangat jauh dengan mama saya kala remaja, Bella Moulina bukan duplikat mama soal ini.

Well, meski 22 Desember 2011 sudah lewat, tapi saya selalu mengenang hari itu dimana saya merindukan mama. Pada saat itu mama berada di Mendahara Ilir menemami papa bertugas, saya mengucapkan Selamat Hari Ibu via SMS juga nggak dibalas karena mama rapat. Alhasil saya menelepon mama dengan nada terputus malam harinya. Agak menyesal sih telat, tapi apa mau dikata. Yang penting bagi saya adalah bagaimana berbakti dengan mama, membahagiakannya :’)

“Aku ingin punya sesuatu yang dapat kuwariskan  padamu. Bukan sesuatu yang mewah seperti sebuah rumah, tapi setidaknya sesuatu, sepotong kecil dari diriku yang selalu bersamamu.”

2 thoughts on “Antara Mama dan Saya: Sama dan Beda

  1. “Aku ingin punya sesuatu yang dapat kuwariskan padamu. Bukan sesuatu yang mewah seperti sebuah rumah, tapi setidaknya sesuatu, sepotong kecil dari diriku yang selalu bersamamu.”
    ——

    Hati…:)… good job bela..
    bel, aku mohon maaf gak bisa banyak bantu untuk SIJ.. karena jadwalx sering bertabrakan dengan agenda di kampus.
    kira-kira apa ya bel yang bisa aku perbuat untuk SIJ??

    • hehe,hati2 apa mbak?
      gmana ya aq jg bingung,ada bbrpa tmen yg kerja jg sih,tp mreka kdang bsa ikut kdang gak,nah klo mbk ifadah gmna? full gak bsa ikut bner ya? hehe,sms an aja yuk mbk biar enak🙂

Leave a Reply

