Refleksi 2011, Resolusi 2012

Well, dua hari lagi kita bakal memasuki tahun baru. Waktu berjalan sangat cepat, pikir saya. Betapa tidak, perasaan nih baru kemarin saya merayakan tahun baru 2011, eh sekarang sudah mau menjalani 2012 saja. Satu tahun itu ternyata bikin saya tersadar, apakah selama ini saya memanfaatkan diri dengan baik?

Penting bagi kita (generasi muda) untuk mengetahui apa saja yang telah kita lakukan dalam kurun waktu satu tahun terakhir, dan memikirkan bagaimana saya seharusnya di tahun depan, 2012? Apa pencapaian terbaik yang kamu raih di tahun 2011? Apa saja yang sudah kamu lakukan, pengalaman mengesankan, dan lainnya? Tentu pertanyaan itu hanya kamu yang mampu menjawabnya.

Next, berkaca pada apa yang sudah kita lakukan, tentunya ada beberapa hal yang membuat kita harus lebih baik dari tahun ini. Beberapa resolusi atau pencapaian mesti kita pikirkan dengan matang. Misalnya untuk teman-teman kelas 3 SMA, bagaimana saya bisa lulus UN tahun depan dan masuk ke jurusan favorit di universitas? Atau saya sendiri, memiliki resolusi untuk bisa berkesempatan belajar ke luar negeri, lulus kuliah, dan bisa keliling Indonesia tahun depan. Resolusi itu penting bagi saya, karena itu membawa saya untuk meraih mimpi yang tertunda dan menegaskan bahwa harapan yang saya sematkan padaNya bisa dikabulkan.

Bagi saya, refleksi diri sebelum bikin resolusi juga paling penting. Jangan sampai kita bikin resolusi, tapi kita belum merefleksi diri. Nah kalau sudah direfleksi, marilah menyusun resolusi guys. Tetapkan apa yang ingin kamu capai di tahun depan. Kamu ingin menerbitkan tulisan di kolom Xpresi Jambi Ekspres? Kamu ingin membantu sebagian pendidikan anak-anak kurang beruntung melalui Sahabat Ilmu Jambi? Atau kamu ingin punya banyak teman? Bahkan bisa jadi kamu ingin meraih prestasi yang membanggakan keluarga? That’s your choice, right?

Bagi saya, jangan terlalu muluk bikin resolusi, pilih resolusi yang benar-benar kamu inginkan. Setelah itu jangan lupa berusaha mewujudkan resolusi itu menjadi nyata. Kalau pun gagal, ya coba lagi. Kamu pun mesti berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar resolusi tersebut tercapai, dilengkapi pula dengan dukungan dari keluarga dan teman-teman, pasti tambah klop kan? Trust me, resolusi nggak bakal menjadi nyata kalau kita nggak berusaha kan?

So, 2012 will come tomorrow. Prepare your self and ready for the new life in 2012. Sudah siapkah dengan resolusimu? I pray the best for Jambi youth🙂

 

Bella Moulina

Universitas Jambi

Leave a Reply

