Indonesia Bangkit dari Kita!

Hari ini, siapa sih yang nggak tahu kalo tepat 103 tahun lalu Bung Tomo melakukan pergerakan agar Indonesia bangkit? Yup, 20 Mei 1908-20 Mei 2011, bukanlah kurun waktu yang singkat untuk melihat kebangkitan Indonesia. Dari masa ke masa, Indonesia mengalamai kebangkitan, meski tidak terlalu signifikan.
Berbicara apakah Indonesia sudah bangkit atau tidak, hal itu termasuk relatif. Bagi saya, bisa saja orang lain mengatakan kalo Indonesia sudah bangkit dengan dibuktikan banyaknya pembangunan dan kesejahteraan masyarakat sudah membaik, tapi di sisi lain masih ada suara yang dengan lantang berbicara kalo Indonesia belum bangkit. Semua berhak memberikan pendapatnya bukan?
Pencapaian kebangkitan yang signifikan itu harus melewati berbagai permasalahan yang ada, bagaimana Indonesia mampu mencari solusi dari masalah, serta bangkit untuk tidak bertemu lagi dengan masalah itu. Justru keadannya sekarang Indonesia masih stagnan, ia jalan di tempat, belum keluar dari kungkungan masalahnya. Tidak etis rasanya berbicara masalah, namun belum memberikan solusi, memang benar. Tapi ada baiknya kalo siapapun kamu yang membaca tulisan ini bisa tergerak membuat suatu gebrakan yang dapat membuat Indonesia bangkit. Tentunya dengan gerakan nyata yang dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia.
Tadi saya terkenang kembali akan perkataan ini “JAS MERAH”, jangan sekali-sekali melupakan sejarah. Saya sangat setuju dengan pendapat itu. Sejarah-lah yang membuat kita bangkit dari keterpurukan, sejarah-lah yang menjadi barometer kita untuk bisa hidup lebih baik, dan sejarah juga membuka cakrawala masing-masing individu untuk bertindak nyata mulai saat ini juga. Lalu apa hubungannya dengan kebangkitan nasional? Benang merahnya pun terlihat, ketika kita belajar dari sejarah masa lampau, pastilah kita mengetahui apa yang seharusnya kita lakukan pada masa kini untuk bangkit. See?
Nggak mudah dan nggak sulit membuat Indonesia bangkit. Saya percaya kalo kita semua (masyarakat Indonesia dari elemen manapun, agama manapun, suku/ras manapun, kerja apapun, dll) bisa membuat Indonesia bangkit dari keterpurukan, setidaknya memperbaharui sedikit demi sedikit. Kalo satu saja membuat kebangkitan, tentu akan diikuti oleh beberapa orang di sekelilingnya toh? Maka dari itu, mulai saja dari diri kamu untuk membangkitkan Indonesia. Caranya? Saya mengutip tiga hal yang dapat membuat Indonesia bangkit dari Pandji Pragiwaksono, pemuda Indonesia yang sering kita lihat di Provocative Proactive tiap malam jum’at, saya melihat tiga cara yang dikemukakannya melalui akun Twitter @pandji. Ketiga hal yang dapat membangkitkan nusantara kita yaitu: Kenali Indonesiamu, Temukan passionmu, dan Berkarya untuk bangsamu. ^_^
Saya akan membahasa ketiga hal ini secara terpisah kawan, nah kita mulai dari…
1. Kenali Indonesiamu
Yup, please kenali Indonesiamu lebih dekat. Lihatlah apa yang dimiliki Indonesia, baik itu kekayaan alamnya maupun keramahtamahan masyarakatnya. Mengenali Indonesia memang tidak bisa digeluti dalam satu hari satu malam, kita harus banyak baca, bertanya, dan belajar tentang negeri ini. Saya teringat satu pesan dari mas Andreas Harsono, wartawan yang sudah melanglang buana memberikan ilmunya, ia mengatakan jangan hanya mengenali Indonesia dari sisi positifnya saja, lihat juga kejadian-kejadian yang luput dari pandangan mata kita. Pernah waktu saya pakai kaos Aku Cinta Indonesia, beliau lantas bilang: “Bella cinta Indonesia kan? Kamu cinta nggak dengan RMS, GAM, (dan beberapa hal yang saat itu saya nggak duga sebelumnya)?” Well, mengenali Indonesia memang nggak hanya yang baik-baiknya doang, tapi lihat dimana sisi kekurangan negeri ini, agar kita bisa sama-sama memperbaikinya. So, kenali negerimu, cintai negerimu kawan!
2. Temukan passionmu
Menyinggung soal tulisan saya sebelumnya menyangkut pemilihan jurusan, disana saya menyebutkan tentang passion. Passion kudu dimiliki setiap orang yang pengin maju. Mengapa saya bilang begitu? Karena passion lahir dari hati, dan dituangkan dalam tindakan. Kalo tindakan yang kita lakukan datangnya dari hati, pasti akan melahirkan sesuatu hal yang besar kan? Bayangkan kalo kamu sangat suka membaca buku, kamu memiliki passion di bidang pendidikan, bercita-cita suatu saat nanti memiliki sekolah gratis yang bisa menampung berbagai kecerdasan anak didik, lalu temukan kegiatan yang membuat kamu senang, dan bisa memberikan manfaat bagi orang lain. That’s passion! Kamu yakin dengan apa yang kamu miliki, kamu ketahui, kamu kenal, kamu kembangkan, lalu kamu wujudkan dan wujudkan! Kalo kamu memiliki passion di bidang budaya, kenapa nggak coba angkat kesenian budaya daerahmu? Ini mungkin terlihat kecil, tapi bagi saya ini sama sekali nggak kecil. Malah passion kamu yang besar di bidang budaya tentu membangkitkan Indonesia dong?
3. Berkarya untuk Bangsamu
It’s time for act and act. Show to Indonesian that you create something which is very useful for Indonesian. Berkaryalah selagi masih muda, berkaryalah selagi kamu masih memiliki nafas dan semangat juang yang tinggi untuk membangkitkan Indonesia. Jangan tunggu orang lain untuk membangkitkan dirimu, justru kamu harus mulai dari diri sendiri untuk membangkitkan kepercayaan diri agar berkarya untuk bangsa. Dengan karya yang kamu hasilkan, saya percaya siapapun akan tersenyum, sedikit cara membuat Indonesia tersenyum bukan? The most important is, berkaryalah sesuai passion kamu. Berkaryalah setulus hatimu. Berkaryalah untuk negeri gemah ripah loh jinawi ini.

All in all, saya nggak bosen-bosennya bikin tulisan yang membuat kita semangat dan percaya kalo Indonesia pasti bisa bangkit, Indonesia harus bersatu, Indonesia mampu melewati masalah kecil dan besar yang tengah dihadapinya. Tulisan ini mungkin tidak seperti tulisan politisi, tapi saya hanya ingin berbagi dengan teman-teman, saya ingin teman-teman melakukan suatu gebrakan bagi Indonesia. Saya sendiri masih meraba-raba apa yang saya lakukan di negeri ini, khususnya Jambi, mmeski saya sadar yang saya lakukan belum terlalu hebat untuk diperbincangkan. Saya hanya bertindak. Satu hal yang saya percayai sampai detik ini, Indonesia bangkit dari kita, jadi jangan sia-siakan dirimu untuk sesuatu hal yang membuat Indonesia terpuruk.
Semangat #indonesiaunite, semangat #kebangkitannasional🙂

One thought on “Indonesia Bangkit dari Kita!

Leave a Reply

