Aku Cinta Indonesia: Jelajah Eksotisme Negeri

Tuhan punya cara lain dalam mewujudkan harapan hambaNya. Ia selalu memberikan sesuatu yang tak terduga sebelumnya, yang justru jauh dari apa yang hambaNya pinta, namun ia mewujudkan hal itu.

Saya merasakan pernyataan di atas baru-baru ini. Memang benar kalau salah satu impian saya belum dikabulkannya, tapi tanggal 2 Mei kemarin Tuhan mewujudkan impian saya yang lain, satu tulisan saya diterbitkan dalam buku yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka -> Aku Cinta Indonesia: Jelajah Eksotisme Negeri. Impian satu ini tidak terlalu saya kejar, namun Tuhan sangat berbaik hati kepada saya, penantian sejak Januari lalu terbayarkan sudah. Salah satu tulisan saya selama mengikuti program Aku Cinta Indonesia oleh Detik.com akhirnya dibukukan bersama tulisan dari 65 petualang lain.

Ya Oktober tahun lalu saya berkesempatan menjelajah negeri Banten bersama rekan dari Jakarta, Kak Atre. Dalam petualangan tersebut, kami diwajibkan menulis apa saja yang kami temui setelah berpetualang dalam satu hari. Tak lupa pula disertai foto. Kedua hal itu menjadi syarat utama bagi kami untuk bisa menceritakan keindahan Indonesia kepada setiap orang, terutama pembaca aci.detik.com. Bingkai Banten dalam program ini pun sangat eksotis, saya banyak meliput beberapa hal yang belum saya alami sebelumnya. Sebut saja, trekking menuju Taman Nasional Ujung Kulon, naik Gunung Anak Krakatau, snorkeling di sekitar Pulau Rakata, melihat kehidupan suku Baduy Dalam dan Baduy Luar, mendiami Pulau Peucang, nonton Jajan Jazz, dan sebagainya. Wajar saja kalau tulisan dan foto-foto saya tak habisnya merekam keindahan itempat-tempat itu. Dan sedikit tulisan yang waktu itu saya publish di website belum sepenuhnya mampu melukiskan bahwa Indonesia ini indah, Indonesia ini kaya, Indonesia ini beragam!

Dari kumpulan tulisan itulah, pada awalnya niat teman-teman di milis ACI ingin membuat buku, kumpulan tulisan tersebut dibukukan, dan ternyata pihak Detik.com menyanggupinya. Alhasil kala itu saya senang sekali! Saya yang memiliki impian tulisan dibaca oleh banyak orang dan dibukukan sontak mengucap syukur alhamdulillah. Program ACI ini benar-benar membukakan mata saya untuk terus berkarya bagi negeri.

Lantas mbak Indri dari Detik.com mengatakan kalau buku itu akan segera diterbitkan awal 2011, yang artinya bulan Januari kan? Hari ke hari, kami (66 petualang) masih menunggu kabar terbaru dari mbak Indri, kira-kira kapan tanggal pastinya diterbitkan? Saya cukup deg-degan sih dan nggak sabar melihat buku itu berdiri di atas rak buku dan dilihat orang (kemudian mereka segera membelinya, mudah-mudahan sih :D) Saya juga kerap bertanya kapan buku ini terbit kepada mbak Indri, tapi beliau bilang “Beberapa waktu yang akan datang.” Well, I just wait and see ^_^

Nah dari sinilah saya sudah cukup lama menanti, kawan. Hingga akhirnya saya membaca sebuah email dari mbak Indri ketika masih KUKERTA, yang isinya bilang buku ACI akan segera terbit pada 2 Mei, tepat di hari ulang tahun saya. Sungguh, ketika saya membaca isi email tersebut serta komentar dari teman-teman petualang, energi saya meledak, perasaan bahagia tak terbendung. Dan tentunya tidak sabar untuk membeli dan membaca bukan?

Now, buku itu sudah berada di tangan saya, lewat bantuan teman yang bekerja di Kompas Gramedia, saya membeli buku itu dengan diskon 10%, harganya pun menjadi Rp. 35.500, tidak jauh beda dari harga aslinya Rp. 39.500. Saya membeli buku itu pun karena diberitahu oleh senior yang saya temui saat berpapasan di Gramedia yang bilang kalau buku ACI udah ada di rak display buku. Langsung saja saya tinggalin teman saya yang waktu itu berbaik hati memberi diskon, hehe..menuju rak buku bagian pariwisata. Tak ayal, saya melonjak kegirangan, speechless lihat buku itu akhirnya ada di antara buku-buku lain! Ya Allah, terima kasih, ucap saya dalam hati.

Tahukah kamu, kawan? Indonesia ini masih bannyyyyaaaakkkkkk yang harus kita jelajahi! Setelah saya membaca semua tulisan teman-teman di dalam buku itu, saya jadi pengin mengeksplor negeri sendiri dibanding ikut kompetisi ke luar negeri. Rasanya aneh aja kalo kita belum mengenal negeri sendiri,  apalagi destinasi kota wisata yang saya inginkan masih belum tercapai, seperti Babel, Jogja, Makassar, Aceh, Papua, dan lain-lain, membuat saya makin ingin jalan-jalan di dalam negeri saja!

Saya kira buku ini cukup membuat siapa saja tercengang dengan apa yang dimiliki Indonesia. Keindahan yang dimiliki itu justru berada di negeri kita sendiri lho, alam, budaya, adat istiadat, serta keberagaman lainnya mampu menjadi ujung tombak kita untuk terus berkata AKU CINTA INDONESIA!

Untuk siapa saja yang ingin tahu wisata menarik di Indonesia, nggak ada salahnya beli buku ini. Meski spot wisata alam seperti pantai dan laut yang banyak dimasukkan ke dalam buku ini, tapi keindahan-keindahan lainnya justru bakal kamu temukan disini. Memang kawasan wisata yang cukup terkenal seperti Candi Borobudur, Pantai Kuta, Suku Baduy, dan kawasan wisata lainnya tidak dimasukkan disini, kemungkinan pihak Detik.com yang menyunting tulisan kami ingin memperkenalkan tempat wisata yang belum pernah disentuh kaki dan tangan manusia. Bagi saya, inilah nilai lebihnya, buku ini menjanjikan sebuah kawasan wisata yang dihiasi petualangan, agar kita benar-benar menikmati Indonesia. Saya sendiri mengakui, sulit untuk menghapal nama-nama pulau yang tercantum di buku ACI, karena saking banyaknya pulau yang dimasukkan! Phiiuuhh, it really nice guy!

So, siapkah kamu untuk berpetualang bersama kami menjelajah Indonesia? Sebelumnya jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uangmu ya untuk membeli buku ACI ini, karena uang royalti tersebut akan disumbangkan untuk amal. Jangan lupa pula intip tulisan saya di hal.190, Menanti Ujung Kulon, Menuju Pulau Peucang. Ditunggu komentarnya ya! ^_^

2 thoughts on “Aku Cinta Indonesia: Jelajah Eksotisme Negeri

  1. Cintailah Negeri Ini Seperti Kita Cinta Pada Dirikita Ingat Jasa Para Pejuang Yang Rela Mati Memperthankan Negeri Tercinta Dari Segala Bentuk Ancaman Baik Dari Dalam Maupun Luar.

    MERDEKA….!!

Leave a Reply

