Pengadaan Buku Bagi Masyarakat Desa Muaro Jambi: Sebuah Pengabdian Untuk Meningkatkan Minat Baca

Membaca adalah sebuah aktivitas yang mengasyikkan, terlebih bagi saya. Dulu ketika saya masih tinggal di Desa Nipah Panjang II, Tanjabtim, Jambi, saya sangat haus buku. Kala itu sebagai anak kecil yang tinggal di desa dan kurang bahan bacaan sebagai tambahan ilmu membuat saya selalu antusias saat membeli buku di toko buku bekas dan dikirimin buku oleh bibi saya dari Palembang, atau bahkan dibawakan majalah anak-anak oleh orangtua saya dari Jambi. Semua itu membuat saya sadar kalau buku adalah benda paling berharga di hidup saya.

Sekilas saya kembali teringat akan peristiwa di atas, hal ini terjadi pada masyarakat Desa Muaro Jambi, tempat dimana saya menjalani KUKERTA PPM Tematik di semester akhir saya. Dalam program kerja saya tercantum pengadaan buku bacaan bagi masyarakat disana, refleksi dari kejadian di Desa Nipah Panjang ingin pula saya kembangkan di desa ini. Saya yakin dari anak-anak hingga dewasa pasti membutuhkan buku. Hanya saja mereka kurang motivasi dalam meningkatkan minat baca dan kurang bahan bacaan. Maka dari itu saya ingin membangkitkan minat baca masyarakat Desa Muaro Jambi agar ilmu pengetahuannya bertambah.

Selama kurun waktu empat minggu menjalani program kerja ini, saya sudah menerima banyak sumbangan buku bekas dari teman-teman saya. Saya menginformasikannya melalui facebook, twitter, dan milis. Sejauh ini sudah lima orang yang menyumbangkan buku bekasnya yang masih layak baca dan ± 100 buah buku terkumpul dan sudah/akan disebarkan kepada PKBM Muaro Jambi dan Sekolah Alam Raya.

PKBM Muaro Jambi adalah taman baca yang diorganisir oleh Bang Sarbini, pemuda desa ini sangat peduli dengan minat membaca buku. Ia berjuang memasukkan proposal ke instansi, menumbuhkan minat baca, dan memberikan hadiah untuk menstimulasi anak-anak agar suka membaca. Sedangkan Sekolah Alam Raya adalah sekolah informal yang terwujud berkat kepedulian pemuda Desa Muaro Jambi bernama Mukhtar Hadi, atau yang lebih dikenal dengan Bang Borju. Ia mendirikan SAR sejak 2009 lalu, jumlah siswanya pun mencapai 60 orang, dan mencakup dari siswa SD hingga SMP. Saya ingin buku-buku yang disumbangkan tersebut bisa dimanfaatkan oleh dua lembaga itu dengan baik.

Selain dengan dua lembaga tersebut, saya sudah mengadakan taman baca di posko. Hampir setiap hari anak-anak dan remaja Desa Muaro Jambi mengunjungi taman baca ini, mereka rata-rata meminjam buku setiap harinya. Waktu kunjungan mereka biasanya setiap siang, sore, atau bahkan malam. Mereka cukup antusias dengan adanya bahan bacaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan ilmu mereka. Meskipun buku tersebut semuanya buku bekas, tapi itu tidak mengurangi minat baca mereka, malah mereka kerap bertanya kepada saya: “Kak, ada buku laen dak? Kami nak minjam.”

Mendengar antusiasme yang terlontar dari mulut mereka, melihat mereka semangat memilih buku bacaan di rak buku posko, dan bercengkrama bersama generasi muda sambil membaca, sungguh membuat saya bahagia. Niat saya tulus, semoga masyarakat Desa Muaro Jambi ini makin cerdas, maju, dan berpengetahuan luas. Tentu saya juga mengharapkan bantuan dari siapapun yang juga berpikiran sama dengan saya. Kalau ada teman-teman yang ingin menyumbang buku bekas, saya senang sekali. Saya menerima semua jenis buku untuk disumbangkan kepada mereka. Jadi, kalau ada teman-teman yang berniat menyumbangkan sedikit buku bekasnya, silahkan menghubungi saya di 085266311815. Saya berharap teman-teman juga menyebarkan informasi ini kepada setiap orang di sekelilingnya, setidaknya kita bisa menyumbangkan satu buku untuk satu orang bukan?

At last, terima kasih banyak sudah membaca tulisan sederhana ini. Harapan saya meski program kerja KUKERTA ini selesai pada akhir April esok, sumbangan buku ini dapat terus berjalan dan menyebar luas di Jambi, khususnya di tempat-tempat yang kurang pengadaan bukunya. Ayo cerdaskan anak bangsa dengan satu buku milikmu kawan! ^_^

 

4 thoughts on “Pengadaan Buku Bagi Masyarakat Desa Muaro Jambi: Sebuah Pengabdian Untuk Meningkatkan Minat Baca

    • mbak dita maaf nih bru blz.. krim ke alamat rumahku aja Perum.permata kenali jl.berlian 7 blok J/1, Kenali besar, Jambi 36129. mbak msih berminat mo nyumbangin bukunya?

Leave a Reply

