Aktivitas Berharga di Hidupku

 

Apa yang ada di benakmu ketika mendengar kata ‘aktivitas’? Sesuau hal yang rutin kamu laksanakan? Hobi kamukah? Well, silahkan mengartikan aktivitas berdasarkan versi kamu sendiri ya guys. Saya mo share tentang aktivitas di hidup saya yang menurut saya ini adalah sesuatu hal yang paling berharga, saya nggak mo menukarnya dengan apapun, meski segepok uang berada di depan mata saya untuk menukarnya. Setidaknya ada enam aktivitas di hidup saya yang nggak akan mungkin saya tinggalkan, they are:

1. Menyanyi

Sejak kecil saya harus suka mendengar orang lain menyanyi, itu berlanjut hingga sekarang. Saya suka mendengar suara merdu yang dilantunkan dari diri seseorang, trus saya mulai menggerakkan bibir untuk melantunkan lagu itu secara bersamaan. Ya, menyanyi adalah aktivitas pertama yang sangat saya sukai. Menyanyi membuat saya bahagia ketika dilanda masalah. Menyanyi bagi saya adalah aktivitas cuma-cuma, nggak bayar, dan bisa membuat orang terhibur karenanya, hehe.. Saya sering menyanyi di rumah, kelas, ato bahkan di jalan ketika lagi bawa motor! Tentunya sambil mendengarkan musiklah, saya bakal menyanyi dengan penyanyi aslinya, duet gitu.. Tapi satu hal yang nggak mungkin saya lakukan yang berhubungan dengan menyanyi adalah ikut lomba menyanyi. Saya sadar kalo suara saya nggak semerdu penyanyi yang lalu lalang di televisi dan radio, daripada saya malu-malunin di depan umum, saya memilih menyanyi dengan cara aman. Menurut saya nggak ada yang lebih nikmat selain menyanyi lagu kesukaan sepuasnya, biar kata orang nggak suka lagu itu, saya sih enjoy aja nyanyiinnya. Sing a song everyday, it makes me smile ^_^

2. Membaca

Saya harus berterima aksih kepada kedua orangtua saya dan keluarga mama saya yang sudah memperkenalkan majalah Bobo dan komik sewaktu saya masih kecil. Kedua jenis bacaan itu membawa saya menjadi pecinta buku yang haus akan ilmu dan informasi. Jujur saya nggak bisa hidup tanpa buku, tanpa pengetahuan yang saya dapatkan dari sekumpulan halaman penuh kalimat itu. Sejak kecil mama sudah membelikan majalah anak-anak, koleksi saya bejibun banyaknya lho! Bahkan waktu masih di Nipah Panjang saya meminjamkan dan menyewakan buku dan majalah yang saya miliki ke teman-teman. Saya bahagia bisa berbagi dengan mereka, melihat teman-teman saya membaca buku, saya turut bahagia, entah kenapa. Sampai sekarang pun saya sangat senang kalo ada teman yang mau meminjam buku saya (asal nggak robek ato hilang aja sih, hehe), koleksi buku di rumah meningkat sejak masuk kuliah, karena waktu SMA saya nggak punya cukup uang buat beli buku banyak ;p Makanya koleksi buku saya terhambat ketika masih SMA. Banyaknya buku-buku, mulai dari buku pelajaran, buku motivasi, novel, majalah, dan lainnya memenuhi kamar saya, hal ini membuat beberapa teman saya yang masuk ke kamar bilang: “Ini gudang buku ato kamar ya, Bel?” hehe.. I’m book lover guys! Ow ya dalam waktu dekat ini papa saya mau bikinin rak buku, ah senangnya.. Well, suatu saat saya mau bikin cafe buku, doain tercapai ya impian saya ini!

3. Menulis

Dengan menulis saya bisa mencurahkan isi hati saya, termasuk ketika saya menulis tentang aktivitas ini lho. Saya senang jika menulis itu berhubungan dengan diri saya dan orang lain, saya bisa memberikan inspirasi ato berbagi pengalaman yang saya punya. Selama menjadi jurnalis di TROTOAR (majalah kampus UNJA) dan Xpresi Jambi Ekspres (halaman anak muda di (JE) saya mendapat banyak cerita yang saya bagi ke pembaca. Mencurahkan apa yang kita dapat setelah wawancara kepada pembaca, memiliki visi agar pembaca juga berpikir kritis terhadap apa yang saya tulis. Memang sih tulisan saya belum begitu baik, tapi saya berusaha menggunakan EYD yang tepat setiap kali menulis. Seorang teman pernah bertanya kepada saya bagaimana cara menulis dengan baik? Lalu saya jawab, menulislah dengan hatimu. Kalo kita udah senang ama topik yang kita tulis plus ada pengalaman di balik tulisan, ya buatlah dengan hatimu. Biarkan kata-kata meluncur dengan indahnya di kertas diarymu ato di depan laptopmu, setelah itu barulah kamu baca lagi, koreksilah kata-kata yang telah ditulis, dan tulisan pun siap dinikati. Dulu saya hobi nulis di diary, tapi udah dua tahun terakhir ini saya suka menulis di note fb (nyampe 148 lho tulisanku) dan dua blogku (yang aktif cuma satu). Kalo kalian punya waktu luang, silahkan mampir di blogku ya.

4. Jalan-jalan

Saya suka travelling, melihat suatu keadaan, mengamati sebuah tempat, dan menikmati keindahan. Jalan-jalannya sih nggak muluk-muluk, biasanya saya suka jalan-jalan ke toko buku, alam terbuka, mall, ato tempat budaya/pariwisata. Disana saya bisa merefresh pikiran sejenak dari hiruk pikuknya kuliah. Jalan-jalan bikin saya senang dan semangat setelahnya. Gimana nggak? Di saat saya jaln-jalan, semua pikiran saya lepas, nggak terbebani ama kuliah, kerja, dan lainnya. Saya cuma fokus jalan-jalan, mengamati, dan mencintai aktivitas ini. Kadang dari jalan-jalan itu saya bisa timbul ide untuk melancarkan hidup ini, saya juga bisa belajar dari pengalaman yang saya ambil ketika jalan-jalan. Seperti halnya saya pergi jalan-jalan ke Banten beberapa waktu lalu, saya mengenal banyak orang yang belum saya temui disana. Saya mengenal budaya dan pariwisata serta kekayaan alam Indonesia. See? Jalan-jalan itu bahkan bisa membangkitkan rasa cinta kita terhadap negeri ini lho. Btw, rencananya sehabis tahun ajaran semester 7 ini, saya berniat mengajak teman sekelas pergi jalan-jalan ke Kerinci, hehe.. Selain buat menyegarkan pikiran, ini jadi ajang mempererat kekeluargaan kami sebelum semuanya menyusun skripsi yang tentu menguras tenaga dan pikiran. Satu hal yang membuat saya percaya, jalan-jalan itu bakal enak kalo kita juga ngejalaninya nyaman dan enak.

5. Mendengarkan musik

Alunan musik yang terdengar dari suara penyanyi ato musik instrumental, adalah dua aktivitas yang bikin saya bahagia. Ketika saya mendengarkan musik, otomatis urat syaraf saya melonggar, membuat saya ingin berdendang dan bergoyang karena musik tersebut. Music is one of alternative way for those are broken heart. Yup, bagi kamu yang lagi down karena cinta, musik terbukti ampuh buat menghilangkan rasa sakit lho. Saya pernah mengalaminya, hehe.. Seakan-akan saya tuh dibawa ke suatu tempat dan mendengarkan musik di tempat itu sendirian, lalu menangis, dan setelah itu tersenyum kembali. Nggak percaya? Tengoklah bagi musisi yang suka buat musik, rata-rata mereka membuat komposisi musik dari pengalaman pribadinya. Jadi musik itu juga bisa jadi inspirasi hidup bagi mereka yang membuat dan mendengarkannya. Musik itu indah, setidaknya itu menurut saya.

6. Berinteraksi dengan orang lain

Saya nggak bisa terlepas dari statement di atas! Apa jadinya ya kalo saya nggak kenal kalian? Apa jadinya kalo saya pengin minta tolong sesuatu ke seseorang, tapi saya tidak mau minta tolong ke siapa dan saya juga nggak tahu mau minta tolong ke siapa. Nah inilah pentingnya berinteraksi dengan orang lain, bercengkrama dengan mereka, mengobrol, dan sharing pikiran. Kadang dari ngobrol itu saya makin dekat ama seseorang, saya tahu hidupnya, dan bagaimana ia memandang hidup. Dari sini saya pun belajar dari mereka. Dulu saya termasuk orang yang sulit kala harus berinteraksi ama orang lain. Saya takut memulai pembicaraan, saya bingung mau ngomong apa, saya takut kehabisan omongan, dan sebagainya. Semua itu berubah ketika saya masuk kuliah, saya (harus) bertemu dengan banyak orang yang membuat saya lebin intens berinteraksi ama mereka. Sebaliknya saya makin senang jika makin sering berinteraksi dengan orang di sekitar saya ato bahkan mendapatkan relasi baru yang bikin kuota teman saya bertambah, dan link untuk mengetahui sesuatu juga bertambah. So nggak ada salahnya dekat dan mengenal orang lain kan guys?

 

Well, that’s all about my thinking readers, I think it’s enough to explain how great activities are. Coba deh kalo sehari saja kamu nggak melakukan enam aktivitas di atas, kamu bakal bengong abis, dan nggak tahu mo ngapain kan? Makanya selagi kita masih muda manfaatkanlah hidup ini sebaik-baiknya. Lakukanlah aktivitas yang sekiranya bermanfaat bagi kamu dan orang lain. Syukur-syukur kalo aktivitas itu bisa membuat kamu lebih setingkat dari orang di sekelilingmu (berprestasi), dan tentunya pengalaman serta cara pandang kamu terhadap hidup ini bertambah dong? Yuk, gelegarkan aktivitasmu kawan!

One thought on “Aktivitas Berharga di Hidupku

Leave a Reply

