Cinta Lingkungan Sejak SD

Kecintaan terhadap lingkungan memang harus dipupuk sejak dini lho guys. Masih inget cerita Green corner di edisi Deteksi 1 minggu yang lalu? Disana ada seorang environmentalis asal Surabaya yang bernama Gracia Paramitha, yang mencintai lingkungan sejak ia masih kecil. Jambi? Tentunya ada dong! Mereka adalah anak muda yang masih berkutat di dunia sekolah. Ya, Raja Nathania Olga Letticia dan Aidila Fitria, dua orang siswi SMP N7 Jambi ini sudah tergerak mencintai lingkungan sejak mereka masih duduk di bangku SD. Ckckck…gimana sih cerita mereka? Let’s check it out!


Mencintai lingkungan bisa lewat media apapun. Olga, panggilan akrabnya, tergerak hatinya untuk mencintai lingkungan setelah melihat tayangan saat pohon ditebang dan ada hewan yang dibunuh di televise kesayangannya.

“Sejak kelas 4 SD, aku sudah menggerakkan hatiku untuk lebih peduli dengan lingkungan. Saat itu aku melihat tayangan pas pohon ditebang dan hewan dibunuh. Kasihan melihat mereka,” ucapnya sedih.

“Lagian, kakakku juga sering mengingatkan untuk enggak buang sampah sembarangan, dari sinilah aku peduli dengan bumiku ini,” ujar siswi kelas VIII F ini menambahkan.

Sama seperti Olga, Aidila yang manis ini mencintai lingkungan sejak ia kelas 5 SD. Pada saat ia di Palembang, isu pemanasan global sudah terdengar di telinganya.

“Aku takut dengan isu pemanasan global yang dulu marak dibicarakan. Ditambah lagi aku melihat tayangan seperti yang Olga lihat, jadi makin ngeri. Jadi, atas inisiatifku sendiri, aku menjaga lingkungan mulai dari hal-hal yang kecil,” papar dara yang sudah menempati lima kota di Indonesia ini.

Aksi hijau yang dilakukan oleh sahabat yang duduk sebangku di kelas ini cukup simpel, dan mereka memulainya dari hal-hal yang kecil. Menurut mereka, walaupun kecil, hal itu sudah cukup membantu bumi untuk tetap tersenyum.

“Aku enggak buang sampah sembarangan lagi, trus kalo ada teman yang buang sampah sembarangan, aku memperingati mereka. Aku juga enggak memakai produk yang dapat merusak lingkungan, seperti hairspray yang mengandung CFC, dan tentunya merawat tanaman di pekarangan rumah bersama ayah,” kata cewek berparas cantik ini.

Aidila pun melakukan hal yang sama seperti Olga. “Kurang lebih sama kayak Olga lah. Aku pernah mendaur ulang lho, aku bikin tas selempang dari plastik deterjen yang enggak terpakai. Waktu itu kelas I SMP, iya enggak Ga?” ujar Aidila sambil menatap Olga.

Olga pun menyahut. “Iya waktu itu kita disuruh ama guru Biologi untuk membuat tugas dengan mendaur ulang. Kalo Aidila membuat tas, aku bikin celemek dari kantong plastik juga. Mendaur ulang sangat mengandalkan kreativitas, walaupun kamu belajarnya otodidak,” ungkap dara kelahiran 10 Oktober 1996 ini.

Tahu enggak sih XpresiHolic, mereka berdua enggak sendirian menyelamatkan lingkungan. Mereka sama-sama mengajak keluarga dan teman-teman untuk lebih peduli dengan lingkungan. Olga misalnya, jika lampu di rumahnya lupa dimatikan atau banyak yang hidup tapi enggak terpakai, maka ia mematikannya. Kalo Aidila, ia sering mengingatkan mamanya untuk enggak buang-buang air.

“Mama kan sering mengisi air di bak mandi, nah mama terkadang lupa mematikan keran air, jadi aku yang langsung turun tangan untuk mematikannya. Aku juga memberi tahu mama untuk hemat air. Kalo air banyak yang terbuang kan sayang,” ujar gadis yang punya hobi banyak ini tersenyum.

Bagi Olga dan Aidila, teman-temannya sudah sering mereka ‘ceramahi’ untuk membuang sampah pada tempatnya. “Hehehe..teman-teman sih mendukung. Kalo aku liat mereka buang sampah sembarangan, langsung deh aku ‘ceramahi’ untuk buang sampah pada tempatnya. Untungnya mereka ngerti kok akan maksudku,” papar mereka bersamaan.

XpresiHolic, sudah baca kan kisah dua sahabat ini menjaga lingkungan, so aksi kamu kapan dimulai? Mereka saja yang masih muda ini sudah sadar akan pentingnya menjaga lingkungan, and how about you? (bel)

Tulisan Green Corner ini udah pernah dimuat di Xpresi Jambi Ekspres pd 12 januari 2010.

Leave a Reply

