Refleksi 2010, Resolusi 2011

“Ketika satu tahun akan berakhir, kita mulai merefleksi diri apa yang sudah kita lakukan dan apa yang harus kita benahi. Ketika satu tahun akan kita lewati dengan suasana yang berbeda, kita mulai mempersiapkan diri untuk menyambutnya dengan sukacita, memanjatkan harapan di tahun depan yang cemerlang.”
1 Januari 2010, kamu ingat nggak apa aktivitas yang kamu lakukan pada hari pertama di tahun 2010? Kalo kamu masih ingat, beruntung kamu punya ingatan yang kuat, tapi kalo nggak cobalah untuk mengingatnya, walau hanya sekali. Saya pun masih ingat pada tanggal tersebut, saya hanya berdiam diri di rumah, mencoba merenungi apa saja yang akan saya lakukan di tahun ini. Saya berkumpul bersama orangtua dan adik saya di sebuah rumah yang sederhana.

Satu kata untuk tahun 2010, awesome! Dunia hidup saya di tahun 2010 ini sangat menakjubkan. Saya melaluinya dengan bahagia, sedih, kesal, dan perasaan campur aduk lainnya. Pengalaman pahit di bulan Januari pun saya masih ingat sampai sekarang, jatuh dari motor di depan komplek perumahan saya, Perumahan Permata Kenali (and it was first accident for me!). Kebayang dong jatuh pertama kali dari motor? Jelas shock dan nangis, padahal waktu itu saya sendiri yang nggak konsentrasi bawa motor, karena sehabis mengantarkan adik saya ke sekolahnya, SMP N 17 Jambi. I never forget it guys, really.
Next, ada satu lagi pengalaman yang akan selalu saya kenang semumur hidup saya. Mengajar sebagai mahasiswa PPL Universitas Jambi di SMP N 14. Saya, entah kenapa sejak kecil selalu bercita-cita menjadi guru, mengajar di tempat tersebut untuk memenuhi tugas mata kuliah saya. I love being teacher! Bagaimanapun juga biar kata orang bilang guru itu pekerjaan yang nggak ‘in’ dan nggak dilirik di dunia semaju saat ini, saya nggak patah semangat, saya yakin ini jalan hidup saya. Termasuk ketika saya diberi kesempatan mengajar disana, saya menemukan banyak sekali murid-murid yang beragam tingkah lakunya dan berhasil masuk dalam jajaran 66 Petualang Aku Cinta Indonesia Detik.com berkat sekolah ini. I say thanks a lot for them, I always love this school.

Buat saya sendiri, wajib hukumnya merefleksi diri setelah satu tahun berlangsung. Dua kejadian di atas sudah cukup rasanya mewakili perasaan saya di tahun ini. Masih banyak lagi kejadian-kejadian yang membuat saya harus merefleksi diri untuk melakukan yang terbaik bagi diri saya di tahun depan. Ya, tahun kelinci sebentar lagi akan tiba, tapi saya harus merefleksi diri terlebih dahulu sebelum membuat resolusi tahun baru, do you agree guys?

Ingatlah apa saja yang sudah kamu lakukan dalam satu tahun ini, ingatlah apa kamu sudah mendapatkan impian kamu, ingatlah apa kamu sudah meraih resolusi 2010 yang kamu buat pada 2009 lalu? Jawabannya ada di hati kita masing-masing. Kita tahu apa yang sudah kita lakukan di tahun ini. Dalam 12 bulan tentu banyak kejadian yang menimpa diri kita, jadikanlah itu sebagai refleksi untuk memperbaiki diri. Jangan jadikan itu sebagai cobaan dan membuat kamu malah down. Kalo kamu udah berhasil mendapatkan apa yang kamu inginkan, bersyukurlah atas anugerah yang telah diberikan oleh Allah SWT. Bersyukurlah kalo resolusi yang kamu buat di tahun ini hampir semuanya dikabulkan. Tapi bagi kamu yang belum mendapatkannya, jangan khawatir, tahun depan masih menantimu untuk masa depan yang cemerlang. Nggak ada kata menyerah untuk meresolusikan impian dan keinginan kamu. Yang terpenting, kita belajar merefleksi diri, dan setelah itu kita mulai meresolusi diri agar hidup menjadi indah.
Terkadang banyak yang bilang kalo kita nggak perlu buat resolusi, nanti malah bikin kita terobsesi dan bisa putus asa kalo resolusi kita gagal. Wacth out this sentence! Kamu nggak perlu muluk-muluk dalam merencanakan resolusi. Start from what you want, and don’t care with people said to you. Mereka cuma bikin kamu tambah down kalo mereka menjudge kamu tanpa arti apapun. Kamu yang punya hidup, jadi kamu tahu mo kemana arah hidupmu, termasuk dalam menyusun resolusi. Kamu nggak dilarang kok ^_^
Resolusi itu penting agar kita bisa melangkah setahap demi setahap untuk bisa menjadi pribadi yang baik. Orang yang punya resolusi adalah orang dengan tipe pengin maju. Dia nggak mo stuck di tempat, dia mo nyobain sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah ia lakukan, orang yang membuat resolusi juga orang yang pemberani, dengan segala konsekuensi, berhasil ato nggak dengan resolusinya. The most powerful is, kita akan termotivasi untuk meraih impian berkat resolusi yang kita buat. Nggak percaya? Silahkan list apa saja resolusi kamu di tahun depan, apa yang harus kamu capai di 2011, start from now!
I my self also have resolution, banyak sekali di otak saya ini pengin saya curahkan di tahun depan. Lulus kuliah kalo nggak April ato September 2011, pengin belajar di luar negeri, pengin nulis buku (meski tahun depan tulisan saya akan terbit bersama 65 petualang lain, setidaknya tulisan saya dilihat banyak orang, hehe…), pengin lebih mengeksplor Jambi dan Indonesia, pengin bikin sekolah multiple intelligences, dan keinginan-keinginan lainnya. Saya nggak bermaksud sok dengan namanya resolusi, tapi saya berharap kalo resolusi yang saya buat setidaknya bisa membuat impian saya tercapai, pengalaman bertambah dan makin kenal banyak orang. Dua hal itu nggak mungkin saya hilangkan dari hidup ini, karena dengan begitu saya bisa bahagia melihat dunia.
So sebelum akhir tahun menjumpai kamu, yuk bikin resolusi yang bermanfaat! Kamu bisa ngobrol ama saya kok tentang apa saja, I’m glad to share my idea with my friends, saya senang kalo saya juga bermanfaat bagi orang lain, jadi jangan segan untuk menghubungi saya ya. I like to motivate people ^_^ Oke deh, saya tunggu apa saja resolusi kamu di tahun depan. Kuncinya, fokus, lakukan, dan percaya! (bellamoulina)

Leave a Reply

